Ilustrasi perempuan makan sayur agar awet muda/freepik.com
Health

Mudah, Ini 10 Cara Menciptakan Pola Makan Sehat

Rika Anggraeni
Senin, 20 September 2021 - 17:00
Bagikan

Gunakan Alat Makan yang Lebih Kecil

  1. Matikan acara memasak di televisi

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, melihat makanan di acara televisi bisa membuat Anda ingin selalu ngemil. Menurut penelitian, orang-orang yang sedang menjalani diet, lebih banyak mengunyah permen saat menonton acara yang berhubungan dengan makanan daripada saat menonton acara bebas makanan.

  1. Gunakan piring berwarna biru

Percaya atau tidak, tetapi warna hidangan Anda mungkin membuat perbedaan dalam seberapa banyak makanan yang Anda sajikan sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak makanan menyatu dengan warna piring, semakin banyak pula makanan yang akan Anda konsumsi. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan piring dengan warna yang berbeda.

  1. Gunakan mangkuk dan piring yang lebih kecil

Ukuran piring dan peralatan makan juga memberi isyarat pada otak Anda tentang seberapa banyak makanan yang seharusnya Anda makan. Dengan kata lain, piring yang lebih besar berarti menunjukkan lebih banyak makanan yang Anda makan.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang di prasmanan China yang mendapat piring besar menyajikan makanan 52 persen lebih banyak untuk diri mereka sendiri dan makan 45 persen lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang menggunakan piring lebih kecil.

  1. Tunda makan jika itu bukan rasa lapar

Makan karena bosan, lelah, atau stres bisa memicu nafsu makan Anda tidak terkendali. Cobalah untuk menunda ketika keinginan itu muncul. Namun ketika keinginan itu muncul, lakukan sesuatu yang lain selama 5 hingga 10 menit, lalu lihat apakah Anda masih ingin makan. Kemungkinannya, nafsu makan Anda akan memudar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro