Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspadai 4 Masalah Mata yang Disebabkan Oleh Diabetes, Termasuk Kebutaan

Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat muncul akibat komplikasi diabetes. Pada glaukoma, tekanan menumpuk di dalam mata Anda karena cairan tidak mengalir sebagaimana mestinya. Ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah, yang menyebabkan perubahan penglihatan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 21 September 2021  |  17:10 WIB
Waspadai 4 Masalah Mata yang Disebabkan Oleh Diabetes, Termasuk Kebutaan
Katarak penyebab utama kebutaan di Indonesia - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. Diabetes yang tidak dikontrol dengan baik dapat menimbulkan berbagai komplikasi.
 
Ada dua jenis diabetes, di mana diabetes tipe 2 lebih umum daripada diabetes tipe 1. Biasanya, penderita gula darah tinggi sering kesulitan melihat detail halus suatu benda. Ini karena kesehatan mata dan diabetes saling terkait.
 
Diabetes dapat memengaruhi kesehatan mata Anda dan menyebabkan berbagai komplikasi terkait mata. Berikut empat masalah mata yang bisa disebabkan oleh gula darah yang tidak terkontrol, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (21/9/2021).
 
1. Katarak

Katarak adalah suatu kondisi ketika lensa mata Anda menjadi keruh dan berawan. Siapa pun bisa terkena katarak, tetapi penderita diabetes mungkin mendapatkannya lebih awal daripada orang yang tidak menderita diabetes.
 
Lensa yang keruh tidak dapat membiarkan mata Anda fokus sebagaimana mestinya. Pembedahan diperlukan untuk menghilangkan katarak. Dalam operasi, lensa yang keruh diangkat dengan lensa buatan.
 
2. Penglihatan kabur

Diabetes dapat membuat lensa mata Anda membengkak, yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Jadi, jika Anda menderita diabetes dan tiba-tiba melihat penglihatan Anda menjadi kabur, Anda tidak perlu segera mengganti kacamata.
 
Untuk memperbaiki masalah penglihatan kabur, gula darah Anda harus kembali ke kisaran normal, yaitu antara 70 mg/dL sampai 130 mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL selama satu atau dua jam sesudah makan. Mungkin diperlukan waktu hingga 3 bulan untuk mendapatkan penglihatan normal Anda kembali. Juga, jangan lupa untuk mendiskusikan masalah ini dengan dokter Anda.
 
3. Retinopati diabetik

Retina mata membutuhkan pasokan darah yang cukup untuk dapat melihat dengan baik. Kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes, lama-kelamaan dapat merusak pembuluh darah tersebut sehingga dapat menyebabkan gangguan retina mata atau yang disebut retinopati diabetik. Jika tidak terdeteksi dan diobati tepat waktu, Anda bahkan bisa menjadi buta.
 
4.  Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat muncul akibat komplikasi diabetes. Pada glaukoma, tekanan menumpuk di dalam mata Anda karena cairan tidak mengalir sebagaimana mestinya. Ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah, yang menyebabkan perubahan penglihatan.
 
Bentuk glaukoma yang paling umum adalah glaukoma sudut terbuka, yang dapat diobati dengan obat-obatan. Obat-obatan menurunkan tekanan dengan mempercepat drainase dan mengurangi cairan di dalam mata Anda.
 
Melihat masalah mata yang disebabkan oleh diabetes, alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mengetahui masalah mendasar apapun. Ini untuk mencegah masalah menjadi lebih buruk di masa depan, terutama untuk Anda dengan diabetes.
 
Apabila Anda mengalami tanda-tanda seperti bintik hitam dalam penglihatan Anda, lubang dalam visi Anda, kilatan cahaya atau penglihatan kabur, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes mata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top