Jengkol/wikipedia.org
Relationship

5 Tips Memasak Jengkol agar Empuk dan Tidak Berbau

Newswire
Selasa, 21 September 2021 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jengkol merupakan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Ia mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral.

Oleh karenanya, jengkol ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menangkal radikal bebas, mencegah anemia, memperkuat tulang dan gigi, hingga mengontrol kadar gula dalam darah.

Sayangnya, tak sedikit orang yang tidak suka mengonsumsinya. Baunya yang khas dan menyengat adalah salah satu faktor utamanya.

Di sisi lain, ada pula orang yang enggan memasaknya karena tak tahu bagaimana cara mengolah jengkol agar empuk, tidak pahit, dan tak berbau.

Untuk itu, berikut telah terangkum sejumlah tips dalam mengolah jengkol agar tak alot dan berbau menyengat.

1. Pilih jengkol yang tua

Usahakan Anda membeli atau memetik jengkol yang sudah tua dan warnanya tak terlalu kekuningan lagi. Umumnya, jengkol yang sudah tua cenderung lebih empuk dan tak memiliki bau yang menyengat sebagaimana jengkol muda.

2. Kupas kulit jengkol

Sebelum memasak, jangan lupa untuk kupas kulit jengkol. Lalu, cuci dengan air mengalir hingga bersih.

3. Rendam jengkol sebelum dimasak

Selanjutnya, rendamlah jengkol di dalam air dingin biasa sebelum dimasak. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi bau menyengatnya.

4. Rebus jengkol sebelum dimasak

Sebelum diolah menjadi sebuah makanan, Anda juga bisa merebus jengkol terlebih dahulu untuk membuatnya lebih empuk. Rebus ia sekitar 30 menit dengan api yang sedang. Jika perlu, tambahkan pula daun salam atau daun jeruk untuk mengurangi baunya.

5. Geprek jengkol

Menggeprek jengkol dapat memudahkan bumbu-bumbu pelengkap masakan meresap ke dalamnya. Dengan demikian, rasa pahit pada jengkol pun dapat berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro