Ilustrasi mata buram
Health

Mata Anda Buram ? Ini Tanda Penting Harus Segera Cek ke Dokter

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 29 September 2021 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda sering berkedip, atau mata buram saat melihat layar laptop atau ponsel Anda.

Jika iya, maka Anda harus membuat janji temu dengan dokter mata.

Sakit di mata, sulit fokus dan mata berair, semua tanda-tanda penglihatan kabur, ini adalah kondisi mata terkait usia yang umum yang dapat memengaruhi seluruh garis pandang Anda atau hanya sebagian dari penglihatan Anda. Penglihatan kabur disebabkan karena masalah dengan salah satu komponen mata Anda, seperti kornea, retina, atau saraf optik. Jika tidak diobati tepat waktu dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti kehilangan penglihatan.

Dengan bertambahnya usia, seseorang mungkin rentan terhadap masalah retina atau mata yang berkaitan dengan usia. Salah satu masalah penglihatan yang paling umum dialami oleh orang tua adalah Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD), yang mempengaruhi makula, bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata. Hal ini dapat mempengaruhi penglihatan sentral, mata untuk warna dan detail halus.

AMD adalah penyakit retina kronis yang progresif dan juga merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada mereka yang berusia 60 tahun atau lebih, membuat deteksi dini dan manajemen penyakit menjadi penting. Pada Hari Retina Sedunia ini, inilah saatnya untuk mengenali tanda dan gejala sejak dini sehingga perawatan dapat dilakukan sebelum penyakit berkembang lebih jauh yang menyebabkan kehilangan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki.

Vishali Gupta, ahli vitreo-retina dan uvea, mengatakan, sering kali pasien dengan AMD dapat mengembangkan pembuluh darah baru yang abnormal yang memerlukan suntikan reguler di mata, tindak lanjut rutin, dan kepatuhan pengobatan.

Selain itu, rutinitas kerja dari rumah juga menyebabkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pola makan yang memburuk, dan tingkat stres, yang selanjutnya berkontribusi pada masalah kesehatan. Meningkatkan kesadaran dan solusi teknologi penskalaan dapat menjadi vital untuk menyederhanakan skrining, sehingga orang dapat dengan mudah memahami jika mereka mengalami distorsi visual dan berkonsultasi dengan dokter mata.

Risiko usia untuk AMD

Seperti namanya, degenerasi makula terkait usia terkait dengan kelompok usia tertentu. Ini terutama mempengaruhi orang berusia 50 atau lebih tua.

Anda juga mungkin akan mengembangkan AMD jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut (diamati pada orang tua, anak atau saudara kandung).

Ada juga beberapa faktor risiko terkontrol yang dapat meningkatkan risiko penyakit, termasuk merokok, obesitas, konsumsi berlebihan makanan yang tinggi lemak jenuh, atau hipertensi (tekanan darah tinggi), terutama jika tidak terkontrol. Penyakit jantung dan kadar kolesterol tinggi membuat Anda rentan terhadap risiko AMD yang lebih besar.

Tiga tanda Anda harus memeriksakan mata untuk AMD:

1. Gejala AMD basah yang khas termasuk penglihatan sentral yang berkurang, penglihatan kabur atau kabur, bintik hitam di bidang penglihatan Anda, dan distorsi garis lurus. Gejala-gejala ini cenderung memburuk dengan cepat dari waktu ke waktu. Seringkali, masalah visual ini dapat mengakibatkan kesulitan mengenali wajah atau beradaptasi dengan ruangan yang remang-remang, sementara juga membutuhkan cahaya yang lebih terang (saat membaca) dan penurunan kecerahan warna.

2. Dengan AMD, Anda bahkan dapat melihat jam dan hanya melihat angka dan bukan jarum, karena penglihatan tepi Anda dapat tetap tidak terganggu.

3. Dengan AMD, banyak orang tidak menyadari kondisinya sampai gejalanya berkepanjangan seperti ketika penglihatan mereka sangat kabur. Ini membuatnya penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda atau segera mengunjungi dokter mata. Dengan tes mandiri di rumah yang sederhana, skrining AMD tahap awal dapat difasilitasi.

Seringkali, tanda-tanda AMD dapat diabaikan dan dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan. Namun, sangat penting untuk tidak mengabaikan gejala tersebut. Karena gejala kehilangan penglihatannya, AMD juga secara signifikan terkait dengan peningkatan risiko jatuh dan cedera lainnya.

Jika Anda mengalami distorsi visual lainnya dan menjadi lebih rentan jatuh, penting untuk mengunjungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro