Logo youtube/Akbar Evandio
Health

YouTube Tindak Tegas Semua Konten yang Menyebarkan Hoax Vaksin Covid

Ni Luh Anggela
Kamis, 30 September 2021 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu situs web berbagi video terbesar, YouTube, menindak  penyebaran informasi yang salah dengan melarang konten yang menyesatkan dan tidak akurat tentang vaksin.
 
Melalui laman blognya pada Rabu (29/9), YouTube menjelaskan bahwa pedoman komunitas saat ini, yang telah melarang berbagi informasi medis yang salah, telah diperluas dengan pedoman baru tentang vaksin yang saat ini diberikan yang disetujui dan dikonfirmasi aman dan efektif oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pejabat kesehatan lainnya.
 
“Kami terus melihat klaim palsu tentang vaksin virus corona menyebar ke informasi yang salah tentang vaksin secara umum, dan kami sekarang berada pada titik di mana lebih penting dari sebelumnya untuk memperluas pekerjaan yang kami mulai dengan Covid-19 ke vaksin lain,” kata perusahaan tersebut.
 
Melansir NPR, Kamis (30/9/2021) YouTube mengatakan sekarang melarang video yang mengklaim vaksin tidak aman atau efektif atau menyebabkan masalah kesehatan lain seperti kanker dan infertilitas.
 
Dalam pengumumannya, perusahaan menunjuk secara khusus ke video yang secara tidak akurat menggambarkan bahan apa yang digunakan dalam vaksin serta tuduhan bahwa vaksin mengandung sifat yang dapat digunakan untuk “melacak” mereka yang menerimanya.
 
Namun, ada beberapa pengecualian. Pengguna masih diperbolehkan untuk berbagi konten yang berkaitan dengan pengalaman pribadi mereka dengan vaksin, tetapi hanya jika video tersebut mematuhi pedoman komunitas situs dan saluran yang dipermasalahkan tidak secara rutin mendorong “keragu-raguan vaksin”.
 
Mandat baru segera berlaku, dan YouTube telah menghapus halaman yang dikenal karena berbagi sentimen anti-vaksinasi seperti milik penentang vaksin terkemuka Joseph Mercola, Erin Elizabeth, Sherri Tenpenny dan organisasi Pertahanan Kesehatan Anak Robert F. Kennedy Jr., menurut laporan CNBC.
 
Sejak tahun lalu, YouTube telah menghapus lebih dari 130.000 video karena melanggar kebijakan vaksin Covid-19.  
 
“Pembaruan kebijakan hari ini merupakan langkah penting untuk mengatasi misinformasi tentang vaksin dan kesehatan di platform kami, dan kami akan terus berinvestasi secara menyeluruh dalam kebijakan dan produk yang memberikan informasi berkualitas tinggi kepada pemirsa kami dan seluruh komunitas YouTube” tulis perusahaan tersebut. 

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro