Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Kanker Payudara: Penyebab, Jenis, dan Gejala

Lantas, apa saja penyebab, jenis, dan gejala kanker payudara? Simak ulasannya berikut ini.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  15:56 WIB
Ilustrasi kanker payudara - boldsky
Ilustrasi kanker payudara - boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang kaum perempuan. Simak penyebab, jenis, dan gejala kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

Menurut National Cancer Institute, sebanyak 1 dari 8 wanita Amerika akan didiagnosis menderita kanker payudara suatu saat dalam hidupnya. Berbanding sebaliknya, kanker payudara pada pria yang jauh lebih jarang terjadi dengan hanya sekitar 1 dari 800 pria.

Lantas, apa saja penyebab, jenis, dan gejala kanker payudara?

Melansir pada healthline.com, payudara terdiri dari lobulus dan saluran yang dikelilingi oleh jaringan lemak dan ikat.  Lobulus kelenjar tersebut menghasilkan susu yang selanjutnya diangkut ke puting susu melalui saluran.

Kanker payudara sendiri terjadi ketika sel-sel normal di lobulus, saluran, atau jaringan payudara lainnya menjadi rusak dan tumbuh di luar kendali. Sel-sel abnormal dengan cepat tumbuh dan menumpuk, yang akhirnya membentuk massa dengan sebutan tumor.

Jika tumor tersebut tumbuh namun tidak menyebar ke jaringan payudara terdekat, itu disebut tumor jinak dan tidak dapat dianggap kanker. Jika yang menyebar merupakan tumor ganas dan menyerang jaringan di sekitarnya, itu dapat dianggap kanker.

Kanker payudara dapat dikategorikan dalam beberapa opsi yang biasanya paling sering diklasifikasikan berdasarkan dari mana asalnya dan apakah bergerak dari tempat itu.

Karakteristik kanker payudara yang mudah diidentifikasi merupakan jenis sel tempat terbentuk. Pertama, karsinoma duktal yang terbentuk di sel-sel yang melapisi saluran susu dan  karsinoma lobular terbentuk di lobulus penghasil susu.

Karakteristik penting yang perlu diketahui pada penyakit kanker payudara, yakni jangkauan penyebaran. apakah sel kanker menyerang jaringan di sekitarnya atau tetap berada di tempat asalnya?

- Kanker payudara noninvasif (in situ) belum menyebar ke jaringan sekitarnya
- Kanker payudara invasif (infiltrasi) telah pindah ke jaringan di sekitarnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kanker payudara Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top