Obat ibuprofen
Health

10 Efek Samping Ibuprofen yang Wajib Kamu Tahu

Annasa Rizki
Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ibuprofen menjadi obat yang beredar tanpa memerlukan resep. Fungsi utama ibuprofen sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid yang digunakan untuk mengontrol rasa sakit dan demam. 

Jika dikonsumsi dengan tepat, ibuprofen tidak akan memberikan efek samping. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang akan berlangsung lama.

Berikut ini 10 efek samping yang diberikan ibuprofen, baik positif maupun negatif:

1. Menghilangkan Nyeri dan Inflamasi

Ibuprofen bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin, senyawa kimia yang memberikan rasa sakit dan inflamasi di tubuh. Obat ini tergolong sebagai obat anti inflamasi non steroid teraman.  

Konsumsi ibuprofen cukup dengan dosis yang lebih sedikit dari aspirin sehingga kecil kemungkinan untuk terkena iritasi lambung.

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen memiliki peringatan khusus karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

“Pasien yang meminum ibuprofen harus dengan dosis terendah untuk menghilangkan rasa sakit. Berhenti menggunakan obat anti inflamasi non steroid sesegera mungkin. Hubungi atau konsultasikan dengan dokter apabila sakit tidak kunjung sembuh,” mengutip dari Eat This, Selasa (12/10/21).

3. Menyebabkan Sakit Kepala

Penggunaan ibuprofen yang terlalu sering malah akan menyebabkan sakit kepala. Efek ini muncul ketika pemberian obat dihentikan setelah rutin meminum ibuprofen dalam beberapa jangka waktu tertentu.  

4. Meningkatkan Tekanan Darah  

Tekanan darah akan meningkat jika ibuprofen dikonsumsi secara rutin. Tekanan darah tinggi seringkali tidak memiliki gejala dan apabila tidak diatasi dapat mengganggu fungsi jantung. 

5. Mengganggu Kerja Obat Lain

Apabila Anda harus mengonsumsi beberapa obat-obatan, konsultasikan dengan dokter obat mana yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan ibuprofen.

Ketika diminum dengan obat spesifik lainnya, bahan aktif dari salah satu obat dapat meningkat, menghasilkan terlalu banyak, menyebabkan peningkatan efek samping, atau penurunan. Oleh karena itu, penggunaan ibuprofen akan menyebabkan obat yang diminum tidak menghasilkan efek yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro