Film Paranoia/Instagram
Entertainment

4 Fakta Paranoia, Film Thriller Perdana Riri Riza

Aliftya Amarilisya
Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Seolah berusaha keluar dari zona nyaman, sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana akhirnya merilis sebuah film bergenre thriller bertajuk Paranoia.

Beberapa waktu yang lalu, rumah prduksi Miles Film pun merilis tiga cuplikan adegan menegangkan dari film tersebut. Pada potongan pertama, terlihat jika tokoh Gion yang diperankan Lukman Sardi memasuki sebuah rumah dengan ekspresi gusar dan penuh amarah.

Sementara itu, cuplikan kedua memperlihatkan tokoh Dina yang dimainkan oleh Nirina Zubir tengah berusaha melarikan diri dengan menggunakan mobil bersama dengan anaknya, Laura.

Lalu, pada potongan terakhir, terlihat Laura yang diperankan oleh Caitlin North-Lewis sedang membongkar isi meja milik Raka secara diam-diam, namun aksinya itu terpergok oleh tokoh yang dimainkan oleh Nicholas Saputra tersebut.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan karya teranyar Riri Riza ini, yuk simak dahulu sejumlah fakta menarik di balik film ini. Berikut ulasannya.

1. Film thriller pertama

Meski merupakan film thriller pertamanya, Riri Riza mengaku tak mau memandang Paranoia sebagai sesuatu yang berat. Alih-alih, dirinya justru mendapat banyak pelajaran baru saat memproduksi film tersebut.

"Saya banyak diskusi dengan produser, DOP. Saya melihat lagi apa itu sudut pandang karena di film ini yang paling penting adalah kita punya empat sudut pandang tokoh. Tentu saja ada hal-hal teknis baru, seperti bagaimana menyiapkan diri untuk sequence action, bermain di ruangan yang lebih gelap, dan bagaimana agar editing bisa membangun ketegangan," ucapnya dilansir dari Antara pada Selasa (12/10/2021).

2. Syuting di satu tempat

Lantaran dilakukan di tengah pandemi, proses syuting dimulai pada November 2020 dan hanya dilakukan di satu tempat yang tertutup (bubble).

3. Pandemi jadi motivasi

Di sisi lain, pandemi Covid-19 juga menjadi motivasi yang kuat bagi Riri Riza dalam menggarap film ini.

"[Karena] semua irama hidup kita berubah. Banyak hal yang tidak kita mengerti dan melahirkan rasa takut, khawatir, dan tegang. Itulah kemudian kita berpikir dalam waktu singkat. Pendekatan ini sangat efektif dan [sangat] mungkin [untuk] dikerjakan dalam kondisi yang ketat di sebuah bubble," ucap Riri.

4. Masuk nominasi Piala Citra FFI 2021

Film yang telah melakukan world premiere di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) ini masuk dalam sejumlah nominasi untuk memperebutkan Piala Citra di FFI 2021, yakni Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Film Cerita Panjang Terbaik, dan Penata Suara Terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro