Keju/theatlantic.com
Health

5 Makanan Kaya Vitamin B12 yang Rasanya Enak

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 17 Oktober 2021 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Namun vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh kita secara alami. Anda dapat menambahkan makanan ini ke dalam diet Anda yang dapat membantu mendapatkan Vitamin B12.

Jika Anda merasa lelah, pusing, atau lesu, atau kehilangan nafsu makan, Anda mungkin menderita kekurangan vitamin B12. Tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk berfungsi dengan baik.

Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah yang wajar. Ini terutama terlibat dalam pembuatan sel darah merah dan DNA.

Meskipun tubuh manusia tidak memproduksi vitamin ini secara alami, ada banyak makanan yang melaluinya Anda bisa mendapatkan vitamin B12.

Berikut 5 makanan yang mengandung tinggi Vitamin B12 seperti dilansir dari NDTV :

1. Susu

Vitamin B12 berlimpah dalam susu. Inilah sebabnya mengapa spesialis merekomendasikan minum susu setiap hari untuk menghindari kekurangan vitamin B12. Selain itu, susu kedelai merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Susu kedelai sering direkomendasikan sebagai pengganti vegan. Menurut USDA, satu cangkir susu kedelai menyediakan 45 persen asupan Vitamin B12 yang direkomendasikan.

2. Telur

Telur dapat membantu Anda mendapatkan dosis harian vitamin B12. Jumlah vitamin B12 yang stabil dapat diperoleh dengan makan telur rebus untuk sarapan atau salad untuk makan siang dan makan malam. Sup dan tumisan juga bisa mendapat manfaat dari penambahan telur untuk meningkatkan nilai gizinya.

3. Keju

Beberapa sumber vitamin B12 terbaik termasuk keju atau keju cottage (paneer). Ini mungkin merupakan sumber vitamin yang berharga untuk vegetarian. Makanan ini tidak hanya tersedia tetapi juga dapat dikonsumsi setiap saat sepanjang hari dalam beberapa cara.

4. Ayam

Di antara makanan hewani, ayam merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Jadi cara lain untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi adalah dengan memasukkan ayam ke dalam makanan Anda, yang juga merupakan sumber protein tanpa lemak.

5. Tuna

Tuna diklaim mengandung kadar vitamin B12 yang signifikan, selain omega-3 dan protein. Oleh karena itu, Anda dapat menuai manfaatnya dengan memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda dan memasangkannya dengan telur di berbagai hidangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro