Bayam/boldsky.com
Health

7 Makanan Agar Tubuh Tetap Sehat dan Kuat, Khusus untuk Perempuan

Ni Luh Anggela
Senin, 18 Oktober 2021 - 10:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apabila di masa lalu wanita lebih banyak menghabiskan waktu mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga, wanita saat ini bergulat dengan banyak peran; mengambil posisi tanggung jawab di tempat kerja dan pada saat yang sama mengurus pekerjaan rumah tangga.
 
Banyaknya peran yang harus dijalani ini tidak jarang membuat wanita mengalami kekurangan gizi. Pola makan dan konsumsi nutrisi sehari-hari mereka tidak dapat mengimbangi gaya hidup yang sibuk ini, sehingga dibutuhkan beberapa pilihan makanan yang dapat dipilih wanita untuk mempertahankan kebutuhan asupan nutrisi harian mereka dan memerangi kekurangan gizi.
 
Melansir NDTV Food, Senin (18/10/2021), inilah tujuh makanan yang harus Anda tambahkan ke dalam menu makanan menjaga Anda tetap sehat dan kuat.

1. Bayam

Bayam memiliki jumlah magnesium yang tinggi, yang telah dikenal dapat membantu efek fisik Premenstrual syndrome (PMS) yang dialami para wanita. Mereka juga diketahui dapat menambah kekebalan tubuh dan membantu memperkuat tulang Anda.

2. Lentil

Kelompok biji yang berasal dari keluarga kacang-kacangan ini mengandung protein tertinggi ketiga dari semua makanan nabati. Wanita, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun sangat direkomendasikan untuk menambahkan lentil dalam makanan mereka.

3. Oat

Oat adalah media surplus karbohidrat dan serat yang sehat untuk menopang kebutuhan energi harian. Mereka juga mengandung lebih banyak protein dan lemak daripada biji-bijian lainnya dan sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan yang sehat.

4. Susu

Tahukah Anda, wanita yang bekerja berisiko tinggi mengalami penurunan kepadatan tulang dan struktur tulang yang terganggu? Oleh karena itu, penting untuk menjaga kepadatan tulang dengan rutin mengonsumsi susu. Susu adalah sumber kalsium yang melimpah dan dapat memberi Anda dosis harian yang dibutuhkan. Ini juga mengandung protein, fosfor, vitamin B kompleks, kalium dan Vitamin D.

5. Brokoli

Salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis ini mengandung fitonutrien, vitamin C, A dan E, serta jenis mineral seperti kalium dan selenium yang sangat bermanfaat sebagai zat anti kanker. Brokoli juga kaya akan kalsium, yang dapat menjaga kepadatan tulang Anda.

6. Bit

Bit adalah sumber serat yang sangat baik. Mereka dikenal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat. Manfaat ini mungkin hasil dari adanya nitrat anorganik dalam bit.

7. Almond

Kacang yang cukup populer ini merupakan  makanan prebiotik yang berarti membantu pembentukan probiotik saat melewati sistem pencernaan Anda. Almond juga mengandung vitamin E dan B kompleks seperti riboflavin, niasin dan tiamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro