Sakit kepala/raleighmidtownchiropractic.com
Health

4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Ni Luh Anggela
Jumat, 22 Oktober 2021 - 18:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kolesterol tinggi terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda. Karena kadar kolesterol tinggi cenderung tidak menimbulkan gejala apa pun dan dalam banyak kasus, hanya menyebabkan kejadian darurat, penting untuk melakukan tes darah secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.
 
Meskipun demikian, ada beberapa kemungkinan tanda-tanda peringatan gejala kolesterol tinggi.
 
Melansir Express, Jumat (22/10/2021), situs kesehatan Medicover Hospitals telah menguraikan beberapa gejala fisik yang dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi. Ini dapat terjadi di tangan atau kaki Anda, serta di area lain dari tubuh Anda.

1. Rasa sakit di tangan atau kaki Anda

Jika Anda mengalami rasa sakit di tangan atau kaki, hal ini mungkin disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan, menurut situs tersebut.
 
Dikatakan, penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit.

2. Sering kesemutan

Sering kesemutan mungkin merupakan tanda, karena gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat sensasi kesemutan di tangan dan kaki.
 
Tingkat kolesterol tinggi dalam darah membuat aliran darah kental dan memengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.

3.  Nyeri dada di sisi kiri

Nyeri dada, terutama di sisi kiri menunjukkan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan dapat menyebabkan rasa sakit.
 
Terkadang, rasa sakitnya bahkan bisa menyebar hingga ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

4. Sering mengalami sakit di bagian belakang kepala

Seringnya sakit kepala di bagian belakang kepala bisa menjadi indikator kondisi tersebut.
 
Tersumbatnya pembuluh darah di area sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika hal ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.
 
Ketika LDL atau kolesterol jahat menumpuk di dinding arteri, zat inflamasi dilepaskan dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
 
NHS merekomendasikan bahwa kadar kolesterol total harus 5mmol/L atau kurang untuk orang dewasa yang sehat. NHS mengatakan kolesterol tinggi terutama disebabkan oleh makan makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol.
 
Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup yang sehat untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro