Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Syarat yang Mau Dapat Suntikan Booster Vaksin Covid-19

Booster vaksin Covid-19 lebih diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki risiko sangat tinggi dalam penularan virus corona.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  16:34 WIB
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. - Antara
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna saat vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai vaksin penguat untuk tenaga medis. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar baik bagi penerima vaksin J&J dan Moderna, saat ini sudah dapat menerima suntikan booster. Sebelumnya CDC hanya memperbolehkan booster bagi penerima vaksin Pfizer BioNTech. 

Meskipun menerima salah satu dari tiga jenis vaksin tersebut, ada beberapa ketentuan lagi untuk mendapatkan booster. Melansir dari Centre for Disease Control and Prevention (CDC), Rabu (27/10/2021), orang yang mendapatkan vaksin Johnson & Johnson COVID-19, suntikan booster direkomendasikan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan yang sudah divaksinasi dua bulan lalu atau lebih.

Untuk individu yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna Covid-19, kelompok berikut memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan booster pada 6 bulan atau lebih setelah seri awal mereka:

65 tahun ke atas

Usia 18+ yang tinggal dalam pengaturan perawatan jangka panjang

Usia 18+ yang memiliki kondisi medis yang mendasarinya

Usia 18+ yang bekerja atau tinggal di lingkungan berisiko tinggi

Selain kelompok usia tersebut, booster lebih diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki risiko sangat tinggi dalam penularan Covid-19. 

Orang berusia 18–64 tahun dengan peningkatan risiko paparan dan penularan Covid-19 karena lingkungan kerja atau institusional dapat memperoleh suntikan vaksin Pfizer-BioNTech berdasarkan manfaat dan risiko masing-masing. 

Orang dewasa berusia 18–64 tahun yang bekerja atau tinggal di lingkungan tertentu (misalnya, perawatan kesehatan, sekolah, fasilitas pemasyarakatan, tempat penampungan tunawisma) mungkin berisiko lebih tinggi terpaparCovid-19, yang dapat menyebar di tempat mereka bekerja atau tinggal. Karena risiko tersebut dapat bervariasi di seluruh lingkungan dan berdasarkan seberapa banyak Covid-19 menyebar di suatu komunitas.

Orang berusia 18–64 tahun yang berisiko lebih tinggi untuk terpapar dan menularkan Covid-19 karena lingkungan pekerjaan atau institusional dapat mendapatkan suntikan tambahan. setelah mempertimbangkan risiko dan manfaat masing-masing. Rekomendasi ini dapat berubah di masa mendatang karena lebih banyak data tersedia.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top