Nihi Sumba Island di NTT./tripadvisor
Travel

15 Wisata Selancar Terbaik di Indonesia

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:02
Bagikan

Bagian 3

11. NTB: Desert Point Lombok

Surga selancar mendebarkan lainnya bagi pemburu ombak adalah Pulau Lombok. Lombok dikelilingi oleh sejumlah pulau kecil yang secara lokal disebut Gili. Kepulauan Lombok secara administratif merupakan bagian dari Nusa Tenggara Barat, dan telah menjadi tujuan selancar terkenal di dunia di kalangan penggemar selancar di seluruh dunia.

Ombak besar dan ombak yang menantang memikat para pemburu ombak ke Bang-Bangko (Desert Point) di ujung barat daya Lombok, dengan ombak pecah yang berongga yang akan memacu adrenalin Anda. Desert Point juga dijuluki sebagai ombak dengan kualitas terbaik nomor enam di dunia, tantangan yang sempurna bagi para pemburu ombak

12. NTB: Sumbawa

Sebuah permata tersembunyi bagi penggemar selancar di seluruh dunia, Sumbawa adalah perbatasan selancar baru yang belum dijelajahi, menjadi tuan rumah beberapa tempat selancar paling mengesankan di pasifik selatan. Dengan pantai pasir putih yang indah yang dikelilingi oleh air sebening kristal, penduduk yang ramah, pemancingan kelas dunia, terumbu karang megah yang ramai dengan kehidupan, dan beberapa ombak terbaik dan paling tidak ramai di Indonesia.

Selancar paling andal dan berkualitas tinggi ditemukan di pantai barat dan selatan Sumbawa. Yang pertama adalah salah satu tempat selancar paling terkenal di Indonesia bernama Lakey Peak. Lakey Peak adalah berongga lepas pantai kanan-hander di Sumbawa Selatan. Reruntuhan karang A-frame ini cocok untuk semua peselancar level. Yang kedua adalah Yo-Yo, teluk kecil di sini menaungi dua ombak ramah pemula, The Wedge dan The Hook.

Ketiga adalah Super Suck, tebing karang kiri yang tebal cocok untuk semua peselancar, terletak di ujung barat daya Sumbawa. Yang keempat adalah untuk peselancar yang lebih berpengalaman dan profesional yang disebut Scar Reef yang memiliki salah satu ombak terbaik di Sumbawa.

Gelombang laras ini lepas landas seperti kereta barang dan memiliki beberapa bagian pintu belakang. Sumbawa adalah tujuan ideal untuk petualangan selancar yang luar biasa.

13. NTT: Rote

Di sebelah timur provinsi Nusa Tenggara terletak Pulau Rote, rumah bagi berbagai tujuan selancar kelas dunia. Penggemar selancar dari seluruh dunia menyukai Pantai Nemberala Rote, untuk menaiki tabung yang hampir sempurna yang dibentuk oleh terumbu dangkal dan angin lepas pantai. Ombak dapat melanda Nemberala sepanjang tahun, tetapi musim selancar yang khas berlangsung dari Maret hingga November dengan ombak terbesar terjadi dari Mei hingga September.

Setiap tahun pemerintah daerah mengadakan kompetisi selancar internasional sekitar bulan September hingga Oktober. Keindahan pantai yang menawan dengan deburan ombaknya yang tak tertahankan, pasir putih yang memukau dan pohon kelapa yang bergoyang, menjadi magnet bagi para peselancar yang mencari tantangan, petualangan dan melepas lelah.

14. NTT: Nihiwatu Sumba

Permata lain untuk dinikmati para peselancar di provinsi Nusa Tenggara Timur terletak di Pulau Sumba. Ombak terbaik di Sumba terkonsentrasi di ujung barat daya dan tenggara pulau, terutama di dalam area resor mewah, Nihiwatu.

Resor ini menjadi tuan rumah bagi salah satu ombak pribadi yang paling didambakan di dunia, yang dikenal sebagai "Occy's Left" (setelah peselancar Australia Mark Occhilupo). The Occy's Left menghadirkan tantangan bahkan untuk peselancar profesional karena sangat sensitif terhadap kondisi yang berbeda: pasang surut, ukuran, kekuatan, dan arah.

Ombak telah menjadi salah satu yang populer untuk peselancar avid, rekreasi, dan profesional selama beberapa dekade. Peselancar pemula masih bisa membasahi kaki mereka dengan pelajaran di Occy's, tergantung ombaknya. Perairan yang lebih tenang sering ditemukan di Coconut Cove di dekatnya, di mana para peselancar dapat menghabiskan setengah hari dengan sarapan atau makan siang dan melakukan selancar ringan, kemudian diantar kembali ke resor.

15. Papua: Tanjung Saruri, Biak

Destinasi peselancar potensial, muncul di ujung timur Indonesia, Papua, “Mutiara Timur” Indonesia. Di sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Cenderawasih dekat pantai utara Papua terletak Pulau Biak. Biak adalah pulau terbesar di kepulauan kecilnya, dan memiliki banyak atol, terumbu karang, dan karang. Peselancar akan senang dengan Pantai Tanjung Saruri Biak.

Pantai Tanjung Saruri yang juga dikenal dengan Pantai Batu Pica atau Pantai Watu Gonga menyajikan pasang surut air laut yang bisa menumpuk hingga 3 meter sebelum pecah ke Samudera Hindia. Berselancar di atas ombak memang menarik dan potensinya tidak terbatas. Selain berselancar, aktivitas lain yang dapat dinikmati di Tanjung Saruri adalah snorkeling dan trekking di hutan hujan alami dan memanjakan keindahan alam dan ketenangan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

4 dari 4 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro