ilustrasi
Fashion

Urban Moms, Bisa Kelola Dana Tanpa Ngerem Spending? Cek 5 Tipsnya!

Thomas Mola
Jumat, 5 November 2021 - 10:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang akhir tahun, semakin banyak pengeluaran atau belanja yang menggoda dompet Moms. Mulai dari rencana liburan atau staycation sekeluarga di berbagai destinasi wisata, discounts, dan deals menggiurkan di berbagai e-commerce, hingga pengeluaran wajib tahunan lainnya. Apapun itu, akhir tahun ini harus tetap cermat dalam mengelola dana.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi pada kuartal I/2020 naik 2,83 persen secara tahunan. Kemudian, konsumsi pada kuartal II/2020 terkontraksi 5,52 persen, dan berlanjut di kuartal III minus 4,05 persen, serta kuartal IV minus 3,61 persen. Secara akumulatif, pada sepanjang tahun 2020, konsumsi rumah tangga mengalami minus sebesar 2,63 persen.

Hal ini menandakan bahwa adanya pengencangan ikat pinggang dalam expenses kebutuhan pokok rumah tangga. Jika belanja kebutuhan pokok mengalami pengencangan, maka biaya hiburan atau leisure tentu menjadi pos pengeluaran pertama yang dihentikan. Nah, apakah ada siasat agar tetap bijak mengelola dana dengan tertib menabung tanpa harus ngerem spending?

Sukiwan, Head of Consumer, Maybank Indonesia, mengatakan bahwa kemampuan untuk mengoptimalkan dana rumah tangga merupakan seni dan tantangan tersendiri bagi Moms, tidak terkecuali bagi Moms yang tinggal di perkotaan di mana biaya kebutuhan pokok relatif lebih tinggi, sehingga di sinilah Maybank Tabungan U & U iB menjadi mitra pengatur keuangan bersama Moms..

“Kami mengeluarkan Maybank Tabungan U & U iB berdasarkan aspirasi dan pain point terkait pengelolaan keuangan yang dihadapi oleh  keluarga-keluarga Indonesia pada umumnya. Misalnya mengatur dan memilah antara pengeluaran rumah tangga, rekreasi dan tabungan, di mana Moms harus membuat keputusan finansial agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menjaga kesejahteraan keluarga,” ujarnya

Terkait hal itu, Maybank Indonesia berbagi 5 tips yang mudah untuk diikuti oleh urban Moms dalam mengelola dana secara efisien dan cerdas:

  1. Bedakan rekening untuk transaksi dengan rekening tabungan.

Setiap Mom tentu memiliki pengeluaran harian, mingguan, hingga bulanan, yang harus dicatat dan dipantau dengan seksama. Oleh karena itu, memiliki berbagai ‘kantong’ untuk beragam fungsi adalah solusi dalam mendorong kedisiplinan mengelola dana.

Dulu, Moms harus memiliki banyak sekali rekening tabungan untuk hal-hal tersebut, dan malah terkesan ribet. Tetapi, kini dengan Maybank Tabungan U dan U iB yang memiliki fitur 2-in-1 rekening, akan membuat moms lebih simple untuk mengelolanya.

U Transactional berfungsi sebagai rekening utama yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan sehari-hari seperti: berbelanja, bayar tagihan bulanan, transfer antar bank hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet. Sementara, U Goal Saver, bagian dari Maybank Tabungan U dan U iB, berfungsi sebagai rekening untuk menabung. Moms dapat menyisihkan dana untuk ditabung ke dalam U Goal Saver mulai dari Rp 100ribu/bulan dengan beragam pilihan durasi menabung.

  1. Jangan panic buying! Buat daftar belanja berdasarkan skala prioritas.

Setelah membuka rekening Maybank Tabungan U atau U iB, segera buat skala prioritas dengan kategori pos keuangan pokok, misalnya kebutuhan makanan dan kesehatan, pembayaran bulanan untuk pemakaian listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Kebutuhan pembayaran transaksi-transaksi tersebut dapat langsung menggunakan U Transactional/Transactional iB. Kemudian, pos keuangan berikutnya adalah pos dana darurat, pos kesehatan, dan juga kebutuhan hiburan keluarga dan pribadi yang langsung disisihkan di beberapa Rekening U Goal Saver/Goal Saver iB.

Dengan membuat kategori pos keuangan serta daftar barang & jasa yang dibutuhkan, dapat menjaga Moms agar tidak ‘kecolongandalam berbelanja. Pengalokasian dana untuk berbagai pos keuangan juga akan membantu dalam menyeimbangkan neraca rumah tangga.

Manfaat lainnya adalah agar Moms tidak panic buying karena impulsif atau peer pressure sehingga dapat memandang situasi dengan akal sehat. Panic buying sangat merugikan keuangan rumah tangga karena ada tendensi untuk membeli barang secara berlebihan.

  1. Cermati biaya administrasi yang dibebankan oleh Bank.

Coba hitung di benak Moms. Dalam satu bulan, berapa kali Moms harus melakukan transfer ke bank lain untuk berbagai kebutuhan? Berapa kali ada urgensi untuk menarik dana di ATM tanpa harus berhitung dulu biayanya bila menggunakan ATM bukan dengan logo Bank bersangkutan? Biaya-biaya tersebut seolah tidak terasa karena dianggap tidak banyak, tetapi jika diakumulasikan terus menerus, nilainya akan cukup fantastis.

Maybank Tabungan U dan U iB memberikan solusi bebas biaya transaksi tarik tunai di ATM Bank mana saja hingga 30 kali per bulan dan bebas biaya transfer online ke bank lain hingga 10 kali per bulan, khusus melalui M2U ID App. Di samping itu, dengan menjaga rata-rasa saldo di bulan sebelumnya hanya Rp 500 ribu, Moms juga tidak perlu pusing dengan biaya administrasi di bawah saldo minimum bulanan.

  1. Jeli dalam memanfaatkan promo dari bank

Pintar menabung bukan berarti menunda-nunda kesenangan. Jalan-jalan akhir pekan bersama keluarga untuk melepas penat dan stres merupakan sebuah aktivitas bonding efektif bagi orang tua dan anak.

Moms dapat menikmati potongan harga dan discounts di lebih dari 270 outlet merchant yang menjalin kerjasama dengan Maybank. Selain itu, Moms juga bisa menikmati Cashback 10% dari berbagai transaksi menggunakan Kartu Debit dari Maybank Tabungan U atau U iB serta QR Pay melalui M2U ID App, yang secara otomatis ditabungkan kembali ke rekening U Goal Saver, sehingga makin meningkatkan saldo tabungan Moms untuk segala rencana keuangan yang sudah Moms persiapkan.

Cashback 10% juga akan diberikan ketika Moms melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti pembayaran listrik, air ataupun telepon melalui M2U ID App. Besaran nilai cashback dapat dicek langsung melalui M2U ID App.

  1. Manfaatkan tiap kesempatan untuk mencoba peruntungan.

Bak durian runtuh, hoki atau peruntungan pada dasarnya menghampiri orang-orang yang beruntung dan terus giat mencoba peruntungan. Jika telah menjadi nasabah Maybank, Moms dapat mengikuti program My Happy & Lucky Bank dengan syarat bertransaksi aktif melalui M2U ID App. Moms berkesempatan untuk memenangkan beragama hadiah yang akan bermanfaat bagi keluarga, seperti mobil Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks, Road Bikes dan ratusan hadiah lainnya.

Jika Moms baru akan membuka rekening, maka pembukaan Maybank Tabungan U atau U iB melalui M2U ID App pun akan mendapatkan 5 (lima) poin, menjaga saldo rata-rata Rp 2 juta per bulan mendapatkan 1 (satu) poin, dan tersedia juga tambahan poin 10% dari total poin Nasabah baru yang direferensikan. Adapun pengumpulan poin program My Happy & Lucky Bank berlangsung hingga tanggal 31 Maret 2022.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Maybank Tabungan U dan U iB dan program My Happy & Lucky Bank, Nasabah dapat mengunjungi situs web www.maybank.co.id/UProduct dan www.maybank.co.id/happyandlucky

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro