Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Baik dan Buruk untuk Mengelola Kadar Kolesterol Anda

Lalu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh Anda makan untuk membantu mengelola kadar kolesterol Anda? Cek di sini.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 November 2021  |  23:21 WIB
Kentang goreng2 - boldsky.com
Kentang goreng2 - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kadar kolesterol tinggi diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apabila tidak ditangani dengan tepat, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko Anda mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti serangan jantung, batu empedu, stroke hingga penyakit arteri perifer.
 
Gaya hidup yang tidak sehat, termasuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menghindari penyebabnya.
 
Lalu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh Anda makan untuk membantu mengelola kadar kolesterol Anda? Melansir Times Now News, Senin (8/11/2021) berikut daftar makanan yang baik untuk mengelola kadar kolesterol Anda.

1. Oat

Apabila dibandingkan dengan beras, oat adalah pilihan yang baik. Ini karena oat dikenal memiliki kandungan serat, protein, vitamin dan mineral yang kaya serat dan nutrisi. Kandungan serat larut yang kaya inilah yang membuatnya aman untuk kolesterol. Tapi, pastikan untuk menghindari gandum olahan karena dapat memberikan efek buruk pada kadar kolesterol.

2. Kacang

Berbagai kacang-kacangan seperti almond, walnut, pecan dan masih banyak lagi seringkali disalahartikan sebagai makanan yang tidak sehat karena kandungan lemaknya. Namun, berbeda dengan apa yang dipercayai banyak orang selama ini, kacang adalah sumber lemak yang sehat yang dapat membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

3. Okra

Okra atau yang juga dikenal dengan bendi memiliki bentuk yang mirip dengan cabe hijau besar. Makanan hijau kaya serat ini merupakan sumber antioksidan. Selain baik untuk pencernaan, okra dikenal ramah kolesterol dan sangat cocok ditambahkan ke dalam makanan Anda.
 
Sementara itu beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk menjaga kolesterol Anda tetap terkendali termasuk :

1. Makanan penutup

Makanan penutup seperti kue, kue kering dan makanan manis lainnya mengandung kadar gula yang berlebihan. Makan berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

2. Kentang goreng

Semua orang mungkin setuju bahwa kentang goreng adalah salah satu camilan terbaik yang pernah ada. Namun, makanan favorit banyak orang ini mengandung minyak dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan kadar kolesterol Anda meningkat.

3. Makanan olahan

Berbagai makanan olahan seperti keju, sereal, makanan kaleng hingga makanan siap saji makin diminati banyak orang karena mudah dijumpai dan harganya yang terjangkau. Namun sayangnya, itu mungkin bukan pilihan yang baik bagi mereka yang menderita masalah kolesterol. Rutin mengonusumsi makanan olahan dapat menyebabkan lonjakan kadar kolesterol karena adanya gula, pengawet, garam dan minyak yang tidak sehat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top