Rambut beruban/Istimewa
Fashion

5 Cara Alami Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Ni Luh Anggela
Selasa, 16 November 2021 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rambut uban prematur merupakan kondisi dimana rambut beruban muncul sebelum usia 20 hingga 30 tahun. Kondisi ini terjadi karena faktor gaya hidup, ketidakseimbangan hormon, serta kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, seng, selenium, tembaga dan vitamin D.
 
Hadirnya uban pada rambut bagi beberapa orang dapat menurunkan kepercayaan diri mereka. Biasanya, mereka mengatasinya dengan melakukan pewarnaan namun ini  hanya bersifat sementara.
 
Jika Anda mencari pengobatan alami, Anda mungkin dapat mengikuti saran dari Shonali Sabherwal, seorang ahli gizi dari India yang dia bagikan pada akun Instagramnya @soulfoodshonali.
 
Melansir, Indian Express, Selasa (16/11/2021), berikut adalah beberapa tips untuk mencegah rambut beruban.

1. Rumput laut

Rumput laut kaya akan mineral, terutama seng, magnesium, selenium, tembaga dan besi. Mereka juga dikenal dapat membantu mengatasi masalah pada rambut seperti, rambut rontok dan kebotakan.

2. Biji-bijian hitam

Shonali merekomendasikan untuk makan  biji-bijian hitam seperti wijen hitam, kacang hitam, hingga biji nigella.

3. Jus amla

Buah amla atau yang dikenal dengan gooseberry merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Mereka seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam produk rambut.
 
“Jus amla segar bekerja dengan sangat baik” kata Shonali.

4. Makanan kaya enzim katalase

Kekurangan enzim katalase diketahui dapat menyebabkan rambut Anda beruban.  Ubi jalar, wortel, bawang putih dan brokoli merupakan makanan yang kaya akan enzim katalase. Jadi pastikan agar Anda tidak kekurangan enzim katalase jika Anda tidak ingin rambut Anda beruban lebih cepat.

5. Makan makanan sehat

“Hentikan kontaminan terhadap kondisi darah yaitu gula, susu, tepung olahan, makanan kemasan, makanan olahan, lemak tidak sehat, dan terlalu banyak protein hewani” sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro