Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Tips Bagi Ibu Menjaga Bayi yang Baru Lahir

Sebelum lahir, bayi terbiasa dengan suasana di perut ibu yang damai dan perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 19 November 2021  |  13:33 WIB
Ilustrasi bayi baru lahir - Istimewa
Ilustrasi bayi baru lahir - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi ibu yang baru saja melahirkan, sering merasakan kebingungan untuk menangani bayinya yang baru lahir.

Mengutip dari Pink Villa, Jumat (19/11/2021), terkadang ada yang membuat perasaan ibu jengkel, kesal dan cemas, usai melahirkan.  Bahkan, ada juga ibu yang merasa sedih saat bayi tidak mau tidur dan minum susu.

Berikut adalah beberapa tips yang akan berguna bagi ibu baru saat menenangkan bayi yang baru lahir:

1. Lingkungan yang tenang

Jika bayi Anda terlalu banyak menangis dan tidak mau tidur, maka Anda harus berada di lingkungan yang hening dan tenang agar bayi bisa tidur.

Jika Anda tinggal bersama keluarga, maka usahakan sebisa mungkin berada di kamar yang jauh dari keramaian dan lalu lalang anggota keluarga lain, demi menjaga bayi tetap terlelap.

Anda juga dapat memutar musik yang menenangkan, ini bisa membantu bayi Anda tertidur dengan cepat.

2. Pastikan tidur bayi Anda tidak terganggu

Sebelum lahir, bayi terbiasa dengan suasana di perut ibu yang damai dan nyaman, dan mungkin perlu beberapa waktu bagi mereka untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar.

Jika bayi Anda terbangun sambil menangis, kemungkinan besar tidurnya terganggu oleh suara keras atau suara bising di luar ruangan.

Oleh karena itu, pastikan kamar bayi tetap dalam keadaan hening. Jika bayi Anda terganggu di tengah tidurnya, maka ada kemungkinan dia bakal rewel sepanjang hari.

3. Periksa popok basah

Popok basah adalah alasan bayi menangis. Bila bayi menangis, jangan lupa untuk memeriksa popoknya. Selain itu, bayi juga menangis karena lapar. 

Jika bayi Anda terus menangis sepanjang hari, maka coba carilah bantuan dari seorang yang profesional untuk menghentikan tangisan bayi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi ibu menyusui kebutuhan bayi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top