Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

Stres dapat Menyebabkan Anda Hilang Ingatan, Segera Kendalikan

Ni Luh Anggela
Senin, 22 November 2021 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hilang ingatan bisa jadi hal yang menakutkan bagi banyak orang, terutama jika Anda tidak tahu penyebabnya.

Ahli saraf dan ahli kesehatan otak Dr. Caroline Leaf mengatakan, ada banyak penyebab kehilangan ingatan.

Mulai dari pikiran yang tak terkendali, trauma, stres berlebihan, penyakit, kelelahan mental, cedera otak, hingga virus seperti Covid yang memengaruhi otak.

“Apa pun yang mengganggu jaringan psikoneurobiologis (koneksi pikiran-otak-tubuh) akan mengganggu memori,” kata Leaf.

Hampir setiap orang mengalami stres dan kecemasan selama hidup mereka. Tidak peduli apa profesi Anda, atau seberapa stres hidup Anda.

Namun, melansir Eat This, Senin (22/11/2021), intensitas stres dapat bervariasi dan dapat memiliki beberapa efek pada tubuh Anda. Itu juga tergantung pada individu bagaimana mereka mengelola stres dan kehidupan mereka di sekitarnya untuk merasa lebih baik atau lebih buruk.

“Salah satu efek kecemasan dan stres adalah hilangnya ingatan,” kata Pareen Sehat, konselor klinis terdaftar dan profesional kesehatan mental bersertifikat, menambahkan semuanya dimulai dengan respons stres dimana otak Anda bereaksi setelah menerima sinyal ancaman.

Ancaman ini dapat meningkatkan aktivitas listrik di otak dan menghasilkan adrenalin dan kortisol. Ketika ketakutan atau kecemasan melampaui periode yang sesuai dengan perkembangan, kehilangan ingatan dapat terjadi.

Sehat merujuk pada sebuah studi Anxiety Disorder dan Kehilangan Memori Subjektif yang Mendampingi pada Lansia sebagai Prediktor Penurunan Kognitif Masa Depan.

Dalam studi tersebut, mereka berbicara tentang bagaimana kehilangan ingatan terkait dengan stres.

Lebih lanjut Sehat menjelaskan, stres juga dapat memengaruhi peradangan dan itu juga dapat menyebabkan hilangnya ingatan.

Sementara itu, studi terbaru telah membahas hubungan antara peradangan kronis dan kehilangan ingatan , khususnya terkait dengan penyakit Alzheimer.

Mereka menemukan bahwa tingkat peradangan yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan kognitif. Karena itu, perlu diingat bahwa kehilangan ingatan dapat dikaitkan dengan lebih dari sekedar peradangan.

“Saya selalu menekankan kepada orang-orang tentang pentingnya diet dan pengurangan stres. Jika Anda tidak makan makanan yang tepat yang mengandung makanan kaya nutrisi, itu dapat menyebabkan peradangan yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada hilangnya memori” kata M. Kara dari KaraMD.

Beberapa pasien Covid-19 telah mengalami gejala yang bertahan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah diagnosis dan penyakit awal, atau yang dikenal dengan Long Covid. Salah satu gejala yang lebih umum adalah kabut otak.

Satu penelitian menemukan kabut otak menjadi keluhan oleh 81 persen peserta dengan masalah kesehatan yang berkepanjangan.

“Dipercaya bahwa kabut otak ini terjadi setelah Covid-19 karena peningkatan respons peradangan dalam tubuh untuk melawan penyakit,” kata Kara.

Peradangan, dengan atau tanpa diagnosis Covid-19, dapat berkontribusi pada kabut otak dan gangguan kognitif lainnya seperti Alzheimer atau demensia.

Salah satu cara untuk mencegah hilangnya ingatan adalah dengan mengatur pola makan untuk meningkatkan memori dan menghindari kabut otak.

Menurut Kara, itu termasuk menghindari makanan yang menyebabkan peradangan dan menambahkan lebih banyak makanan yang mengurangi peradangan.

Beberapa makanan yang menyebabkan peradangan termasuk karbohidrat olahan atau olahan, pemanis atau aditif gula lainnya, dan makanan permen atau makanan yang digoreng. Di sisi lain, beberapa makanan yang mengurangi peradangan termasuk sayuran berdaun hijau, ikan berlemak, buah-buahan, dan minyak zaitun.

Selain itu, menghindari stres dengan melakukan meditasi atau aktivitas yang dapat mengalihkan stres juga dapat membantu mengurangi peradangan dan masalah kognitif lainnya.

Anda juga dapat fokus pada pengurangan stres. Caranya adalah dengan menyisihkan waktu 10 hingga 15 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas seperti pernapasan dalam, peregangan, dan meditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro