Ilustrasi sakit pada jantung/Freepik.com
Health

Kenali Kanker Jantung yang Diderita Direktur Artistik LV Virgil Abloh

Aliftya Amarilisya
Senin, 29 November 2021 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Virgil Abloh mengembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (29/11/2021) lantaran mengidap kanker jantung jenis angiosarkoma atau cardiac angiosarcoma. Bagaimana gejala dari penyakit tersebut?

Dilansir dari National Cancer Institute Amerika Serikat, Senin (29/11/2021), kanker jantung termasuk penyakit langka. Diperkirakan, kondisi tersebut terjadi pada 1 dari 2.000 orang.

Penyakit yang juga dikenal dengan nama sarkoma jantung ini bisa berkembang di lapisan dalam pembuluh darah, permukaan luar jantung, di dalam ruang jantung, maupun di dalam jaringan otot jantung.

Data yang ada pun menunjukkan bahwa 80 persen kanker jantung dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan sebagian besar kasus terjadi di atrium kanan.

Sementara itu, gejala primer yang biasanya muncul ialah nyeri dada, sesak nafas, dan pusing. Selain itu, penderita juga bisa mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, pembengkakan pada kaki dan perut, perubahan warna pada jari, dan nyeri sendi.

Sayangnya, tidak diketahui pasti apa penyebab dari kanker jantung ini. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut, di antaranya merokok, memiliki anggota keluarga dengan penyakit kanker, dan terpapar radiasi secara berlebihan.

Adapun cara untuk mendeteksi atau mendiagnosis kondisi ini ialah dengan menjalani serangkaian tes, seperti tes darah, rontgen dada, ekokardiogram, elektrokardiogram, kateterisasi jantung, dan CT scan atau PET scan.

Lalu, untuk pengobatannya sendiri dapat dilakukan berdasarkan kondisi kanker, seperti bedah/operasi, kemoterapi, dan terapi bertarget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro