Kolesterol pada anak bisa dicegah sejak usia dini/gll-getalife.com
Health

Tanda dan Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Anak

Annasa Rizki Kamalina
Rabu, 1 Desember 2021 - 17:10
Bagikan

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Anak

Berbagai kondisi dapat menyebabkan anak terkena kolesterol tinggi seperti diet dan kondisi kesehatan lainnya. Berikut ini penyebab kolesterol tinggi pada anak, melansir dari Healthline, Rabu (1/12/2021).

  1. Diet makanan lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans adalah jenis lemak pada makanan tertentu. Jenis lemak ini dapat menyebabkan hati membuat lebih banyak kolesterol daripada yang dibutuhkan tubuh.

Jika makanan anak mengandung lemak jenuh dan lemak trans dalam jumlah tinggi, itu dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

Makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans antara lain:

- Keju tinggi lemak

- Daging tinggi lemak

- Susu dan krim 

- Mentega

- Es krim

- Minyak kelapa sawit dan kelapa

- Barang olahan, seperti kue kering, keripik kentang, dan gorengan

Untuk menjaga pola makan yang bergizi, AHA merekomendasikan agar anak usia 2–3 tahun menerima asupan lemak total 30–35% dari kalori hariannya. Organisasi tersebut juga menyarankan bahwa anak-anak berusia 4-18 tahun menerima 25-35% lemak dari kalori harian mereka.

  1. Diabetes

Seorang anak yang hidup dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi memiliki kolesterol tinggi

Diabetes dapat menyebabkan kondisi yang disebut dislipidemia diabetik, yang menurunkan kadar HDL dan meningkatkan kadar LDL.

  1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah suatu kondisi di mana timbunan lemak, yang dikenal sebagai plak, menumpuk di arteri seseorang. Plak yang menumpuk terdiri dari kolesterol, zat lemak, kalsium, dan fibrin. 

Meskipun mungkin tidak menyebabkan masalah pada anak-anak, aterosklerosis dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jika berkembang lebih lanjut selama masa dewasa.

  1. Familial Hypercholesterolemia (FH)

Familial Hypercholesterolemia (FH) adalah kondisi genetik yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Menurut FH Foundation, penyakit ini menyerang 1 dari 250 orang di seluruh dunia.

FH menyebabkan jumlah kolesterol LDL yang tinggi karena mutasi pada gen yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kolesterol dari tubuh. Jika tubuh tidak dapat menghilangkan kolesterol dengan benar, kolesterol dapat menumpuk di arteri, yang menyebabkan aterosklerosis.

Kondisi ini bersifat genetik – individu dengan FH memiliki peluang 50 persen untuk menularkannya kepada anak-anak mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro