Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Jamur, 4 Makanan Ini juga Baik untuk Kesehatan Mental

Penelitian baru juga mengungkapkan bahwa jamur tertentu memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan kanker dan mendukung respons sistem kekebalan yang kuat terhadap infeksi, peradangan, dan pertumbuhan sel abnormal.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  15:12 WIB
Selain Jamur, 4 Makanan Ini juga Baik untuk Kesehatan Mental
Jamur putih - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Anda mungkin sudah akrab dengan manfaat jamur, nutrisinya, kemampuannya untuk menjadi pengganti daging, potensinya untuk mencegah penurunan kognitif hingga penggunaannya dalam perawatan kulit.

Penelitian baru juga mengungkapkan bahwa jamur tertentu memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan kanker dan mendukung respons sistem kekebalan yang kuat terhadap infeksi, peradangan, dan pertumbuhan sel abnormal.

Tidak hanya itu, mengonsumsi jamur diketahui memiliki efek yang kuat pada kesehatan mental kita.

Jadi, apa yang membuat jamur sangat membantu dalam upaya meningkatkan kesehatan mental kita?

Pendiri Real Nutrition Amy Shapiro, mengatakan bahwa secara umum, jamur kuliner kaya akan nutrisi yang membantu mendukung mood yang optimal, meskipun manfaat spesifik tertentu bergantung pada varietasnya.

“Jamur kancing putih yang umum dijumpai, kaya akan potassium yang dapat membantu mengurangi kecemasan,” kata Amy.

Selain itu jamur, terutama surai singa, merupakan sumber ergothioneine yang baik, antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan jaringan yang menurut penelitian dapat mencegah penyakit mental dan depresi.

Amy menjelaskan bahwa ergothioneine tidak dapat dibuat di dalam tubuh kita, sehingga kita harus mengkonsumsinya secara eksternal. Selain itu, jamur adalah sumber vitamin D yang bagus, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan mood.

Tetapi, Amy memperingatkan untuk selalu membeli jamur dari sumber yang dikenal dan tidak memetiknya sendiri, kecuali Anda ahli dalam mencari jamur untuk dimakan, karena banyak varietas yang beracun.

Jamur bukanlah satu-satunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mental kita. Amy merekomendasikan beberapa bahan yang bisa Anda tambahkan ke dalam makanan Anda untuk membantu meningkatkan mood Anda, melansir Well and Good, Kamis (2/12/2021).

1. Salmon

Dibalik rasanya yang lezat, salom menawarkan segudang manfaat. Salmon kaya akan asam lemak Omega-3 yang mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan otak, dan dapat memperbaiki gejala depresi.

2. Kamomil

Kamomil merupakan bunga yang seringkali digunakan untuk mengobati sakit perut dan sebagai obat penenang. Amy menjelaskan, kamomil mengandung antioksidan yang mengatur neurotransmitter yang berhubungan dengan suasana hati di otak seperti GABA, dopamin, dan serotonin.

Anda bisa mencobanya dalam bentuk teh yang bisa Anda minum sebelum tidur.

3. Cokelat hitam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cokelat hitam sangat baik dalam meningkatkan mood seseorang. Mereka kaya akan flavonoid, yang merupakan antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan pensinyalan sel, sehingga membantu otak beradaptasi dengan stres dengan cepat dan lebih mudah.

4. Makanan kaya probiotik

Kita tentu sudah tahu betul bahwa kesehatan usus sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental kita. Ini karena probiotik memainkan peran penting dalam meningkatkan mikrobioma dan mengatur mood. Amy merekomendasikan yogurt dan makanan fermentasi seperti asinan kubis untuk membantu mendukung poros usus-otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jamur kesehatan mental
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top