Apel/nutritionchekcup.com
Health

8 Manfaat Makan Apel, Yuk Dicoba

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 4 Desember 2021 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Apel bermanfaat bagi kesehatan usus Anda karena mengandung prebiotik yang memberi makan bakteri usus yang baik.

Apel juga mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu mengatur pergerakan usus.

Sistem kekebalan Anda juga dapat mengambil manfaat dari makan apel karena mengandung pektin.

Sarat dengan nutrisi, serat, dan antioksidan, apel hadir dengan berbagai manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan kesehatan usus hingga mencegah penyakit kronis.

Berikut adalah tujuh manfaat kesehatan yang diketahui dari apel dilansir dari Insider :

1. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Ada bakteri baik di usus Anda yang membantu menjaga masalah pencernaan seperti kembung, dan penelitian menunjukkan bahwa apel — terutama apel organik dapat menjaga mikrobioma usus yang sehat.

"Apel mengandung pektin, sejenis serat larut, yang merupakan prebiotik. Ini memberi makan bakteri usus yang baik di mikrobioma usus besar Anda," kata Emily Rice, RD, staf ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Dengan memberi makan bakteri baik dan membantunya berkembang, pektin dalam apel membantu menjaga kesehatan usus Anda, menghasilkan manfaat seperti buang air besar secara teratur dan meningkatkan kekebalan, kata Rice.

2. Dapat mengatur pergerakan usus

Satu apel dengan kulitnya mengandung sekitar 4,5 gram serat, termasuk serat larut dan tidak larut, yang memiliki manfaat usus sebagai berikut:

Serat larut menyerap air dan berubah menjadi zat seperti gel yang dapat memperlambat pencernaan, mencegah diare.

Serat tidak larut mengisi tinja Anda dan membantu makanan melewati usus Anda dengan cepat, mencegah sembelit.

3. Dapat menurunkan tekanan darah

Apel belum tentu merupakan sumber yang kaya potasium, tetapi jika Anda mengonsumsinya bersama dengan diet sehat yang beragam, potasium dalam apel dapat membantu berkontribusi pada tekanan darah yang sehat karena dapat merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi ketegangan:

Sebuah tinjauan tahun 2015 dari tiga studi menemukan bahwa orang yang makan lebih dari empat porsi seminggu buah dan sayuran utuh, termasuk apel, memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang hanya makan buah dan sayuran utuh sebulan sekali.

Catatan: Sebuah apel mengandung sekitar 107 miligram potasium. Asupan kalium harian yang direkomendasikan adalah 2.600 mg untuk wanita dan 3.400 mg untuk pria.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Semua pertanyaan Anda tentang tekanan darah tinggi, terjawabTekanan darah tinggi adalah kondisi medis umum yang dapat menyebabkan penyakit jantung, jika tidak ditangani. Inilah cara mengetahui risiko Anda dan menurunkannya.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di AS — berikut cara mencegah dan mengobati kondisi tersebut Penyakit jantung adalah sekelompok kondisi yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah Anda. Ini adalah penyebab utama kematian di AS — inilah cara mencegahnya.

4. Dapat menurunkan kolesterol

Serat larut dalam apel dapat membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah Anda, yang dapat menurunkan LDL atau kolesterol "jahat", kata Rice.

Menurunkan kolesterol secara umum mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2

Apa itu diabetes? Panduan lengkap untuk menurunkan gula darah dan mengelola kondisiDiabetes adalah kondisi kronis yang menyebabkan gula darah tinggi. Inilah cara mengendalikan level Anda dan tetap sehat.

Sebuah tinjauan tahun 2015 menemukan bahwa ada korelasi antara konsumsi apel yang sering dan faktor risiko penyakit kardiovaskular yang lebih sedikit, terutama kolesterol. Para peneliti juga menemukan bahwa prebiotik dalam apel juga dapat berperan dalam mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui perubahan pola makan dan gaya hidup

Serat larut, seperti pektin yang ditemukan dalam apel, dapat memperkuat sistem kekebalan Anda, kata Allison Childress, PhD, RDN, ahli diet dan asisten profesor di Departemen Ilmu Nutrisi di Texas Tech University.

"Serat larut meningkatkan produksi protein interleukin-4 yang merangsang sel-T. Sel-T memainkan peran penting dalam kekebalan kita terhadap patogen," kata Childress.

Sebuah tinjauan tahun 2020 menemukan bahwa pektin dapat meningkatkan penghalang kekebalan usus Anda, yang selanjutnya dapat melindungi Anda dari infeksi di usus.

6. Mungkin ramah diabetes

Berkat seratnya, apel memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti apel tidak menyebabkan lonjakan gula darah, menjadikannya pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

Apel memiliki GI sekitar 28. Sebagai perbandingan, segelas jus apel yang kekurangan serat memiliki GI sekitar 44.

Selain menjadi pilihan sehat bagi penderita diabetes, apel dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes:

Sebuah studi tahun 2005 mengaitkan apel secara khusus dengan risiko diabetes yang lebih rendah, menemukan bahwa mereka yang makan satu apel sehari memiliki risiko 28% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

7. Dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas

Apel kaya akan polifenol, yang merupakan bahan kimia tanaman yang sarat dengan antioksidan.

Childress mengatakan polifenol ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dan dapat membantu mencegah kondisi seperti:

Kanker

Penyakit jantung

Diabetes

penyakit mata

Alzheimer

parkinson

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar kandungan antioksidan berasal dari kulit apel, kata Childress, jadi Anda harus menghindari memotong kulitnya.

8. Semoga bermanfaat untuk kesehatan tulang

Makan apel dapat berkontribusi pada kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, kata Childress.

Hal ini dapat mencegah osteoporosis, yaitu ketika terjadi kerusakan struktur tulang yang dapat menyebabkan peningkatan risiko patah tulang.

Ini karena vitamin dan mineral seperti vitamin C dan potasium yang ditemukan dalam apel dapat mengurangi jumlah kalsium yang hilang dari ekskresi, sehingga meningkatkan kesehatan tulang, kata Rice.

Sebuah tinjauan tahun 2012 menemukan hubungan antara asupan buah yang lebih tinggi dan kepadatan tulang yang lebih tinggi serta kekuatan tulang, dengan apel secara khusus menjadi salah satu buah yang dipelajari. Diyakini bahwa manfaat tulang dari asupan buah terkait dengan antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya yang ditemukan dalam buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro