Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Mengatasi Kelelahan, Tanpa Suplemen dan Obat-obatan!

Bagi Anda yang merasakan burnout, ini 10 cara mengatasi kelelahan tanpa suplemen dan obat-obatan seperti dilansir dari Healthline, Senin (6/12/2021).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  21:00 WIB
Ilustrasi kelelahan atau burnout akibat work from home (WFH) - Freepik
Ilustrasi kelelahan atau burnout akibat work from home (WFH) - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kelelahan merupakan hal umum yang tidak bisa dihindari, apalagi di era modern yang segalanya serba cepat. Simak 10 cara mengatasi kelelahan tanpa suplemen dan obat-obatan.

Apakah Anda sering melakukan satu aktivitas ke aktivitas lain dalam waktu singkat selama bekerja? Atau Anda justru terbiasa melaksanakan rapat (meeting) melalui sambung telepon atau Zoom dalam satu waktu?

Padatnya agenda pekerjaan membuat badan Anda merasa kelelahan, bahkan ketika Anda bekerja dari rumah (work from home). Meski terlihat biasa, ada tanda yang menunjukkan kelelahan bisa menjadi sesuatu yang lebih serius, termasuk rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan, demam, dan sakit kepala.

Bagi Anda yang merasakan burnout akibat pekerjaan, ini 10 cara mengatasi kelelahan tanpa suplemen dan obat-obatan seperti dilansir dari Healthline, Senin (6/12/2021).

1. Konsumsi Makanan Seimbang

Salah satu alasan untuk mengikuti diet yang sehat dan seimbang, yaitu bisa meningkatkan tingkat energi Anda. Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi makanan segar dan utuh dari berbagai kelompok makanan.

Pasangkan karbohidrat dengan protein untuk meningkatkan energi. Jangan lupa sertakan banyak serat dan makanan anti-inflamasi. Mengikuti diet seimbang juga meningkatkan pencernaan yang sehat, yang membantu membersihkan dan membersihkan tubuh Anda.

2. Berolahraga Secara Teratur

Manfaat olahraga teratur telah diakui secara luas. Olahraga melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda. Ini juga dapat menyebabkan tidur yang lebih berkualitas.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi gejala kelelahan. Lakukan setidaknya dua jam latihan intensitas sedang setiap minggu. Untuk membuatnya lebih mudah untuk tetap pada rencana latihan, cari teman latihan atau sewa pelatih pribadi.

3. Minum lebih Banyak Air

Tetap terhidrasi dengan baik untuk menjaga tubuh Anda berjalan pada tingkat optimal. Dehidrasi dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah.

Menurut sebuah studi tahun 2014, peningkatan asupan air pada orang yang biasanya tidak minum cukup air ternyata memiliki efek menguntungkan pada energi seseorang. Orang yang mengurangi asupan airnya memiliki lebih sedikit perasaan tenang dan mudah kelelahan.

4. Kurangi Kafein

Menurunkan asupan kafein dapat memberi Anda lebih banyak energi dalam jangka panjang. Meskipun kafein dapat memberi Anda dorongan energi awal, setelah habis, Anda mungkin merasa terkuras.

Mengurangi asupan kafein secara perlahan akan membantu mengurangi perasaan putus asa saat Anda menyeimbangkan tingkat energi alami Anda. Hindari kafein setelah makan malam, sehingga Anda secara alami dapat bersantai untuk tidur malam yang nyenyak.

5. Perbaiki Kebiasaan Tidur

Istirahat yang tepat sangat penting jika Anda ingin mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Bersantailah sebelum tidur. Anda mungkin bisa lakukan peregangan ringan. Tingkatkan area tidur Anda dengan menjaganya tetap bersih dan mempertahankan suhu yang sesuai.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat stres lelah wfh
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top