WhatsApp grup
Fashion

4 Aplikasi End to End Encryption Terbaik di Android

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Desember 2021 - 09:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Aplikasi obrolan yang menggunakan AES 256-bit ujung-ke-ujung enkripsi adalah hal penting dalam privasi.

Dengan enkripsi ujung ke ujung, setiap pesan yang Anda kirim diacak dan dikodekan langsung di ponsel Anda, dan hanya penerima yang dituju yang dapat memecahkan kode dan membacanya. Proses enkripsi ini penting karena hanya memungkinkan Anda dan penerima untuk membaca percakapan Anda, sehingga menghentikan pihak jahat untuk mengintip dan memberi Anda ketenangan pikiran.

Sebagian besar perangkat Android hadir dengan solusi semi-terenkripsi di aplikasi SMS Google Messages default, tetapi apakah ada solusi yang lebih baik?

Ekosistem Android penuh dengan aplikasi seluler berbasis privasi dan keamanan canggih yang memungkinkan kami mengirim pesan tanpa khawatir apakah pelaku jahat — atau lembaga pemerintah — akan dapat membaca konten. Sayangnya, beberapa aplikasi perpesanan paling populer, seperti Facebook Messenger dan Telegram, tidak menawarkan enkripsi ujung ke ujung secara default (di luar obrolan rahasia), yang berarti peretas dan perusahaan itu sendiri akan dapat membaca pesan Anda. jika mereka mampu mencegat mereka.

Selain itu, meskipun aplikasi Google Messages memang menawarkan enkripsi ujung ke ujung saat mengirim pesan melalui RCS, itu masih gagal karena enkripsi yang didambakan hanya terjadi selama pesan satu lawan satu (bukan obrolan grup) dan ketika fitur obrolan diaktifkan oleh kedua belah pihak. Google juga mendukung Apple dalam hal ini, karena iMessage memberikan sistem multi-perangkat terenkripsi ujung ke ujung (selama Anda mengobrol dengan orang lain menggunakan perangkat Apple).

Oleh karena itu, para ahli sepakat bahwa pengguna harus beralih ke alternatif saat mengobrol dengan teman, keluarga, dan kolega. Untungnya, ada sejumlah platform perpesanan utama yang dapat dipilih yang menawarkan enkripsi ujung ke ujung yang sebenarnya dalam ekosistem Android.

Berikut 4 aplikasi perpesanan dengan enkripsi ujung ke ujung di android yang terbaik dilansir dari Android Police :

1. Signal

Signal dianggap sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling aman. Aplikasi seluler memungkinkan enkripsi ujung ke ujung (menggunakan algoritme enkripsi yang telah dicoba dan diuji) pada semua pesan teks, suara, dan obrolan grup yang keluar, dan juga memungkinkan untuk berbagi media dan lampiran.

Fungsi lainnya termasuk pesan yang merusak diri sendiri, wallpaper khusus, plugin browser Chrome, dan stiker animasi.

2. Threema

Threema adalah aplikasi chat sumber terbuka dengan beberapa solusi privasi yang unik. Ini menggunakan fungsi kriptografi NaCl untuk mengenkripsi data dan menawarkan login anonim melalui kunci ID. Selain itu, Threema memiliki fungsi "penambahan teman" QR bersama dengan enkripsi suara, gambar, video, dan teks.

Aplikasinya sangat populer di negara asal Threema, Jerman, dan meskipun tidak gratis ($ 3,99), Anda mungkin memutuskan bahwa itu adalah harga yang murah untuk membayar rangkaian fitur keamanannya. Ini tersedia di Android dan iOS.

3. Wire

Wire adalah aplikasi open source lain yang menawarkan enkripsi menyeluruh untuk pesan, file, video, dan panggilan konferensi. Ini juga menampilkan fungsi tingkat perusahaan, termasuk beroperasi sebagai platform kolaborasi yang aman untuk bisnis dengan alat konferensi video yang disertakan dan memberi pengguna kemampuan untuk mengoperasikan Wire di pusat data perusahaan sendiri.

Fitur lain yang pasti akan menyenangkan pengguna daya adalah penyimpanan kunci dekripsi lokal, sebagai lawan dari menyimpan kunci di server online. Wire Personal tersedia di iOS dan Android secara gratis dan ada juga tingkat langganan Perusahaan.

4. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi suara dan obrolan yang paling banyak digunakan di planet ini, dan menggunakan standar VOIP untuk mengirim data suara melalui Internet. Sejak 2016, aplikasi milik Facebook — atau lebih tepatnya, aplikasi milik Meta — telah menggunakan algoritme Signal untuk mengenkripsi data yang dikirim dan diterima melalui enkripsi ujung ke ujung. Ada berbagai fungsi lain yang digunakan atau sedang dikerjakan WhatsApp, termasuk menghilangnya pesan, transfer riwayat obrolan, dan pencadangan terenkripsi ujung ke ujung.

WhatsApp sepenuhnya gratis dan tersedia di platform Android dan iOS, sehingga Anda dapat mengobrol dengan aman di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro