Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Jaga Paru-paru Anda Tetap Sehat

Berikut lima cara alami untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda, menurut para ahli.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  11:17 WIB
Ilustrasi dokter melihat hasil rontgenparu-paru. - Antara
Ilustrasi dokter melihat hasil rontgenparu-paru. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga paru-paru Anda tetap sehat dan prima adalah hal penting yang perlu Anda lakukan, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Paru-paru yang sehat tidak hanya mampu menangkis infeksi virus seperti pilek, flu dan Covid-19, tetapi mereka juga lebih siap untuk bangkit kembali lebih cepat bila penyerang (virus) menyelinap masuk.

Bingung bagaimana caranya menjaga paru-paru Anda tetap sehat? Untungnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Melansir Woman's World, Selasa (28/12/2021), berikut lima cara alami untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda, menurut para ahli.

1. Suplemen Zinc Lozenges

Zinc diketahui mampu mencegah virus berkembang biak di dalam sel dan mengurangi risiko pneumonia hingga 50 persen.

Sementara itu, sebuah laporan dari Spanyol baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang-orang dengan kadar zinc yang sehat, 76 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita komplikasi Covid yang serius.

Itulah sebabnya ahli kedokteran fungsional Fred Pescatore menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi 50 mg zinc lozenge larut setiap harinya untuk menyerang virus pernapasan.

2. Menghirup melalui hidung

Jaringan hidung menghasilkan gas yang dikenal sebagai oksida nitrat (NO), yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kadar oksigen hingga 20 persen. Terlebih lagi, menurut laporan peraih Nobel Louis Ignarro, NO diketahui memiliki kekuatan antivirus yang bertahan melawan infeksi. Oleh karena tiu, percepat NO ke paru-paru hanya dengan menghirup melalui hidung.

3. Mengunyah apel

Ternyata, mengunyah buah apel sudah sangat membantu kesehatan paru-paru Anda. Ahli imunologi Joanna Makowska mengatakan, itu karena kulit apel mengandung flavonoid yang mengurangi peradangan saluran napas, dan dapat memperkuat jaringan paru-paru. Selain itu, peneliti Finlandia juga menyarankan untuk makan satu apel besar setiap hari, untuk meningkatkan resistensi terhadap virus penyerbu sebesar 32 persen.

4. Tenangkan batuk dengan ekstrak daun ivy

Peneliti Jerman menyebutkan bahwa esktrak daun ivy mampu mengurangi peradangan paru-paru, membuka saluran udara dan meredakan batuk kronis.

5. Berlama-lama di kamar mandi

Menurut Jeffrey Gusky, seorang spesialis pengobatan darurat mengatakan udara lembab sangat baik untuk paru-paru. Menjaga selaput lendir tetap lembab dapat membantu mempertahankan penghalang yang mencegah virus menembus paru-paru. Anda juga bisa menggunakan waslap yang telah diolesi minyak kayu putih di lantai kamar mandi. Studi menunjukkan bahwa cineol mampu melindungi paru-paru terhadap infeksi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paru-paru tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top