Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kebiasaan Bikin Anda Gampang Insecure dan Merasa Terganggu

Susan Zinn, seorang psikoterapis di Santa Monica, California mengatakan ada beberapa cara paling umum yang dapat memperburuk iritabilitas Anda sendiri, yang membuat Anda mudah tersinggung, terganggu dan insecure berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  12:59 WIB
5 Kebiasaan Bikin Anda Gampang Insecure dan Merasa Terganggu
Ilustrasi nonton TV - bussinessinsider

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian menunjukkan otak kita terhubung untuk fokus pada hal negatif, dan mudah merasa terganggu dengan hal-hal di sekitar kita.

Dilansir dari Huffpost, beberapa mekanisme koping yang kita gunakan untuk mengalihkan pikiran kita dari pikiran-pikiran ini seringkali membuat suasana hati kita menjadi lebih buruk.

Susan Zinn, seorang psikoterapis di Santa Monica, California mengatakan ada beberapa cara paling umum yang dapat memperburuk iritabilitas Anda sendiri, yang membuat Anda mudah tersinggung, terganggu dan insecure berikut ini:

1. Tidak makan saat lapar

Ketika gula darah rendah, itu memicu kaskade hormon termasuk kortisol, yang berhubungan dengan stres.

Heather Kent, seorang penulis, psikoterapis dan spesialis pemulihan trauma di Kanada, mengatakan bahwa kekurangan energi membuat kita merasa “mudah tersinggung, lelah, lesu, dan kesal.

Dia menambahkan bahwa itu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan pada akhirnya melakukan, yang dapat menambah frustrasi.

Coba atur alarm setiap beberapa jam untuk memeriksa tingkat rasa lapar Anda, atau menjadwalkan istirahat makan di hari Anda seperti rapat.

2. Menonton TV yang melelahkan secara emosional di malam hari

Tepat ketika Anda seharusnya menenangkan pikiran dan tubuh Anda sebelum tidur, Anda menghidupkan seri kejahatan pesta favorit Anda. Sementara acara-acara ini tidak mengganggu bagi sebagian dari kita, bagi yang lain mereka dapat menyebabkan suasana hati yang jengkel dan bahkan depresi, lama setelah kita menyelesaikan sebuah episode. Ini bisa sangat bermasalah di malam hari, menyebabkan tidur terganggu.

Untuk mengatasi ini, pilih topik yang lebih menenangkan atau netral untuk pertunjukan di malam hari, dan simpan opsi emosi tinggi untuk hari Sabtu yang hujan untuk menjaga tidur Anda dan suasana hati Anda.

3. Tidak aktif sepanjang hari

Jika Anda sampai di penghujung hari, atau beberapa hari, dan bahkan belum melangkah keluar, kebiasaan ceroboh ini mungkin menyebabkan iritasi.

Zinn menyarankan alat yang didukung penelitian untuk meningkatkan rutinitas pagi Anda dan mengurangi tingkat iritasi: Dalam waktu 30 menit setelah bangun, berjalan-jalan di luar, mendapatkan paparan langsung cahaya alami.

Selain itu, dia menyarankan untuk mendorong secangkir kopi pagi Anda kembali beberapa jam daripada meminumnya terlebih dahulu. Karena kafein adalah stimulan, Anda mungkin menyebabkan kegelisahan atau stres langsung daripada membiarkan diri Anda tenang. Sebaliknya, bangun dari tempat tidur, dapatkan vitamin D, mulailah hari Anda, lalu minum kopi Anda.

4. Memeriksa notifikasi ponsel Anda ketika mereka masuk

Zinn mengatakan orang-orang memeriksa ponsel mereka rata-rata hampir 50 kali per hari. Padahal, seseorang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mendapatkan kembali fokus sepenuhnya pada suatu tugas setelah melihat perangkat mereka.

Hal ini dapat menyebabkan masalah manajemen waktu dan perasaan kewalahan, yang kemudian mengarah pada iritabilitas secara keseluruhan, kata Timothy Jeider, seorang psikiater di Nevada Mental Health.

Solusi termudah dan juga terberat adalah memindahkan ponsel Anda ke ruangan lain, kata Zinn. Anda juga dapat menempatkan ponsel dalam mode "jangan ganggu" atau menghapus notifikasi dari layar kunci.

5. Berita negatif

Berita yang menguras emosi mungkin tidak hanya datang dari ponsel Anda, tetapi juga dari televisi atau radio yang berjalan di latar belakang. Bahkan cerita Instagram atau TikTok dapat membombardir kita dengannya.

Untuk mematahkan efek negatifnya, batasi konsumsi berita satu atau dua kali sehari. Pendekatan terbaik, menurut Kent, adalah mencoba mengonsumsi berita di pagi dan sore hari daripada sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat kebiasaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top