Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Kebiasaan Selama Pandemi yang Perlu Ditinggalkan pada Tahun 2022

Buat diri makin berkembang dengan meninggakan kebiasaan-kebiasaan lama yang sering dilakukan selama pandemi ini.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  20:25 WIB
Ilustrasi - Pexels.com
Ilustrasi - Pexels.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membawa sejumlah pola pikir dan kebiasaan baru dalam hidup. Sayangnya, tak semua kebiasaan tersebut bersifat positif.

Diakui atau tidak, beberapa di antaranya justru menjadi penghalang produktivitas. Lebih jauh, hal tersebut pun pada akhirnya turut memengaruhi tingkat kebahagiaan dan kesehatan.

Nah, untuk itu dilansir dari Fast Company, Selasa (4/2/2022), berikut sederet kebiasaan lama saat pandemi yang harus Anda tinggalkan pada tahun 2022 ini.

1. Menghabiskan energi pada hal yang tidak bisa dikendalikan

Tak semua hal tentu bisa kita kendalikan. Untuk itu, tak perlulah menghabiskan energi pada hal yang tidak bisa dikendalikan karena dapat membuat kita menjadi terjebak dan tidak berdaya.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan ‘mental time travel’, yakni memikirkan perasaan di masa sekarang atau melihat kebelakang guna mensyukuri keadaan Anda.

2. Mengukur keberhasilan dengan standar yang lama

Jangan lagi mengukur keberhasilan dengan standar masa lalu. Sebaiknya, definisikan ulang apa parameter dan arti kesuksesan bagi Anda.

3. Tidak merencanakan untuk ‘new normal’ berikutnya

Selama pandemi, banyak orang mulai menerapkan kebiasaan positif, seperti makan makanan yang lebih sehat dan melakukan meditasi. Namun di sisi lain, kebiasaan buruk juga muncul, seperti lebih banyak menonton televisi dan tidak pergi ke gym atau berolahraga.

Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan keadaan normal selanjutnya. Hati-hati dalam memilih apa yang perlu Anda pertahankan dan apa yang perlu Anda jalankan saat bergerak maju.

“Pertimbangkan seperti apa keadaan normal Anda selanjutnya dengan merenungkan tahun lalu dan dengan hati-hati memilih apa yang bertahan dan apa yang berjalan saat Anda bergerak maju,” ucap Hall penulis Choose Your Story, Change Your Life: Silence Your Inner Critic and Rewrite Your Life from the Inside Out.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaya hidup tips bahagia pandemi corona
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top