Ilustrasi/Pexels.com
Relationship

3 Kebiasaan Selama Pandemi yang Perlu Ditinggalkan pada Tahun 2022

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 4 Januari 2022 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membawa sejumlah pola pikir dan kebiasaan baru dalam hidup. Sayangnya, tak semua kebiasaan tersebut bersifat positif.

Diakui atau tidak, beberapa di antaranya justru menjadi penghalang produktivitas. Lebih jauh, hal tersebut pun pada akhirnya turut memengaruhi tingkat kebahagiaan dan kesehatan.

Nah, untuk itu dilansir dari Fast Company, Selasa (4/2/2022), berikut sederet kebiasaan lama saat pandemi yang harus Anda tinggalkan pada tahun 2022 ini.

1. Menghabiskan energi pada hal yang tidak bisa dikendalikan

Tak semua hal tentu bisa kita kendalikan. Untuk itu, tak perlulah menghabiskan energi pada hal yang tidak bisa dikendalikan karena dapat membuat kita menjadi terjebak dan tidak berdaya.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan ‘mental time travel’, yakni memikirkan perasaan di masa sekarang atau melihat kebelakang guna mensyukuri keadaan Anda.

2. Mengukur keberhasilan dengan standar yang lama

Jangan lagi mengukur keberhasilan dengan standar masa lalu. Sebaiknya, definisikan ulang apa parameter dan arti kesuksesan bagi Anda.

3. Tidak merencanakan untuk ‘new normal’ berikutnya

Selama pandemi, banyak orang mulai menerapkan kebiasaan positif, seperti makan makanan yang lebih sehat dan melakukan meditasi. Namun di sisi lain, kebiasaan buruk juga muncul, seperti lebih banyak menonton televisi dan tidak pergi ke gym atau berolahraga.

Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan keadaan normal selanjutnya. Hati-hati dalam memilih apa yang perlu Anda pertahankan dan apa yang perlu Anda jalankan saat bergerak maju.

“Pertimbangkan seperti apa keadaan normal Anda selanjutnya dengan merenungkan tahun lalu dan dengan hati-hati memilih apa yang bertahan dan apa yang berjalan saat Anda bergerak maju,” ucap Hall penulis Choose Your Story, Change Your Life: Silence Your Inner Critic and Rewrite Your Life from the Inside Out.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro