Ilustrasi organ tubuh manusia
Health

Apa Itu Autophagy ? Cek 6 Tanda dan Gejalanya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Januari 2022 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Autophagy adalah proses alami yang terjadi saat tubuh Anda membersihkan dan mengganti bagian sel yang rusak dengan yang baru.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membatasi perkembangan kondisi seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit Alzheimer.

Meskipun autophagy terjadi terus-menerus di dalam tubuh Anda, ada beberapa cara untuk mempercepat prosesnya. Ini termasuk berpuasa, berolahraga, atau membatasi asupan kalori Anda.

Meskipun Anda tidak dapat merasakan autophagy secara fisik, ini dapat dikaitkan dengan gejala yang nyata. Ini dapat disebabkan oleh perubahan metabolisme atau kadar hormon tertentu seperti insulin atau glukagon.

Berikut 6 tanda dan gejala autophagy dilansir dari Healthline :

1. Peningkatan kadar keton

Badan keton adalah molekul yang dihasilkan dari asam lemak ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup karbohidrat untuk digunakan sebagai energi.

Penelitian menunjukkan bahwa produksi badan keton dapat merangsang autophagy (8Trusted Source, 9Trusted Source).

Oleh karena itu, seiring dengan indikasi bahwa tubuh Anda dalam keadaan ketosis, peningkatan kadar keton bisa menjadi tanda autophagy.

Untuk menunjukkan apakah autophagy mungkin terjadi, Anda dapat dengan mudah mengukur tingkat keton dalam darah, napas, atau urin Anda menggunakan pengukur atau strip khusus.

2. Nafsu makan berkurang

Tanda utama autophagy adalah berkurangnya nafsu makan. Kemungkinan karena perubahan kadar hormon seperti glukagon dan insulin.

Secara khusus, kadar glukagon cenderung meningkat selama autophagy. Glukagon membantu mengelola kadar gula darah Anda dan telah terbukti menekan nafsu makan (6Trusted Source, 10Trusted Source, 11Trusted Source).

Sementara itu, kadar insulin menurun, yang juga dapat mengurangi nafsu makan Anda (12Trusted Source, 13Trusted Source).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ketosis dapat mengurangi kadar ghrelin, juga dikenal sebagai hormon rasa lapar, yang juga dapat mengurangi rasa lapar.

3. Kelelahan

Kelelahan dikaitkan dengan banyak faktor yang berbeda, termasuk autophagy.

Beberapa metode yang digunakan untuk menginduksi autophagy, termasuk puasa atau mengikuti diet ketogenik, telah dikaitkan dengan tingkat energi dan kelelahan yang rendah.

Selain itu, pola makan ini dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, yang juga dapat menyebabkan kelelahan.

Untungnya, efek samping ini mungkin hanya bersifat sementara. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa intermiten atau mengikuti diet ketogenik dapat meningkatkan tingkat energi seiring waktu saat tubuh Anda menyesuaikan diri.

Perlu diingat bahwa kelelahan juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti kekurangan nutrisi atau kondisi psikologis. Jika Anda telah mengalami gejala ini untuk sementara waktu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi kesehatan yang mendasari yang bertanggung jawab.

4. Bau mulut

Jika Anda mengikuti diet ketogenik untuk merangsang autophagy, bau mulut adalah gejala umum yang mungkin Anda perhatikan.

Bau mulut bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda telah memasuki ketosis. Ketosis meningkatkan kadar keton, menghasilkan autophagy .

Secara khusus, bau tidak sedap, yang sering digambarkan sebagai buah atau logam, disebabkan oleh jenis keton yang disebut aseton.

Meskipun efek samping ini dapat mereda, menyikat gigi lebih sering atau mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu menjaga nafas tetap segar.

5. Penurunan berat badan

Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa autophagy meningkatkan penurunan berat badan dengan sendirinya, banyak metode yang biasa digunakan untuk menginduksi autophagy – termasuk pembatasan kalori – dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Beberapa perubahan metabolisme lain yang terjadi selama puasa dan ketosis juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mendukung komposisi tubuh yang sehat. Ini mungkin termasuk peningkatan sensitivitas insulin dan pelestarian massa otot tanpa lemak.

Autophagy juga mempengaruhi kadar hormon tertentu, termasuk glukagon, insulin, dan ghrelin, sehingga mengurangi rasa lapar Anda. Efek ini dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Selain itu, sementara lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan, beberapa penelitian pada hewan tabung menunjukkan bahwa autophagy memainkan peran sentral dalam metabolisme lemak dan dapat meningkatkan lipofag, yang merupakan pemecahan tetesan lemak.

Namun, perlu diingat bahwa perubahan metabolisme lemak belum tentu menyebabkan penurunan berat badan atau pengurangan lemak tubuh.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memahami apakah autophagy itu sendiri memengaruhi komposisi tubuh.

6. Peningkatan fungsi otak

Studi menunjukkan bahwa autophagy memainkan peran sentral dalam fungsi otak dan menjaga kesehatan sel saraf Anda.

Menariknya, sebuah penelitian selama 3 tahun menghubungkan puasa intermiten dengan peningkatan fungsi otak pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan mental ringan.

Studi lain termasuk 883 orang dewasa yang lebih tua mengamati temuan serupa, mencatat bahwa efek menguntungkan yang terkait dengan puasa intermiten dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk autophagy.

Selain meningkatkan autophagy, keton digunakan sebagai sumber energi yang efektif untuk otak dan dapat meningkatkan fungsi otak.

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik dapat membantu mengobati gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Namun, penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara autophagy dan kesehatan otak diperlukan.

Tindakan pencegahan

Sementara autophagy dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial, penting untuk dicatat bahwa metode yang digunakan untuk merangsangnya – termasuk puasa, memotong kalori, atau mengikuti diet ketogenik – mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Secara khusus, berlatih puasa intermiten atau mengikuti diet ketogenik biasanya tidak dianjurkan untuk remaja, orang dewasa yang lebih tua, mereka yang sedang hamil, atau orang dengan riwayat gangguan makan.

Selain itu, mereka yang menderita diabetes atau kondisi kesehatan lain yang mendasarinya harus berbicara dengan dokter mereka sebelum melakukan perubahan apa pun pada diet mereka.

Untungnya, ada opsi lain untuk dipertimbangkan. Selain memodifikasi diet Anda, menambahkan lebih banyak aktivitas fisik ke rutinitas Anda terbukti merangsang autophagy.

Autophagy diperkirakan terjadi sebagai respons terhadap stres dan kontraksi otot saat Anda berolahraga. Bahkan mungkin sebagian bertanggung jawab atas banyak manfaat yang terkait dengan olahraga,

Menurut satu ulasan, baik latihan ketahanan dan ketahanan dapat meningkatkan autophagy,

Karena itu, jika Anda khawatir tentang potensi kerugian untuk mencapai autophagy melalui puasa atau membatasi asupan karbohidrat Anda, menjadi lebih aktif secara fisik bisa menjadi cara yang harus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro