Vaksin Covid-19 AstraZeneca/Antara
Health

Ini Vaksin Booster untuk Anda yang Sudah 2 Kali Vaksin AstraZeneca dan Syaratnya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 12 Januari 2022 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda penerima vaksin Astrazeneca sebagai vaksin primer 1 dan 2, maka vaksin apa yang akan Anda dapat sebagai booster?

Mengutip keterangan di laman resmi Kemenkes, untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Kombinasi pemberian booster berbeda jenis ini disebut dengan heterolog. 

Heterolog diartikan sebagai vaksinasi booster yang menggunakan jenis vaksin berbeda dengan dosis pertama dan dosis kedua. Sementara Homolog merupakan vaksinasi booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama seperti vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Pemberian vaksin booster ini, akan diberikan pada mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Vaksin Moderna sebelumnya sudah pernah diperuntukkan sebagai vaksin dosis ketiga (booster) untuk tenaga kesehatan yang akan diberikan minimal 3 bulan setelah dosis kedua.

Ini berdasarkan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dengan Surat Nomor 71/ITAGI/Adm/VII/2021 tanggal 8 Juli 2021.

Selain itu, vaksin COVID-19 produksi Moderna juga diperuntukkan bagi publik yang belum mendapatkan vaksinasi sama sekali, khususnya ibu hamil atau masyarakat yang memiliki komorbid. Pemberian vaksin diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 4 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro