Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Jenis Diet Vegetarian yang Sehat dan Bisa Anda Coba

Ada beberapa jenis diet vegetarian. Ada yang mengonsumsi telur, yogurt dan susu, tetapi ada yang tidak.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  14:42 WIB
5 Jenis Diet Vegetarian yang Sehat dan Bisa Anda Coba
Ada beberapa jenis diet vegetarian, mulai dari mengonsumsi susu, yogurt dan telur, tetapi ada juga yang tidak. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Diet vegetarian mulai menjadi incaran oleh orang-orang yang sedang diet sehat dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, manfaatnya yang baik bagi kulit dan kesehatan tubuh. 

Diet vegetarian adalah metode hidup sehat yang umumnya hanya mengkonsumsi buah atau sayuran sebagai makanan utama. Selain itu, pelaku diet vegetarian juga menghindari makanan yang berasal dari hewani seperti daging ayam dan semacamnya. 

Melansir dari Healthline, Rabu (19/1/2022), ada beberapa jenis diet vegetarian. Simak ulasannya:

1. Diet vegetarian lakto-ovo

Dalam jenis diet vegetarian lakto-ovo, Anda tidak akan mengkonsumsi daging seperti ikan dan semacamnya. Namun, anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur atau susu selama menerapkan diet ini. 

Sebagai informasi,  awalan kata "lacto" mengacu pada produk susu dan berasal dari kata Latin lac, yang berarti susu. Hanya mamalia, seperti sapi  yang dapat menghasilkan susu. Sedangkan, kata Ovo mengacu pada telur dan berasal dari kata Latin ovum, yang berarti telur. 

Jika Anda mengikuti jenis diet ini, maka Anda hanya akan mengkonsumsi produk susu seperti yogurt, krim asam, es krim,  telur, susu, keju, mentega dan semacamnya. Dan menghindari makanan yang berasal  dari hewan, seperti daging sapi, ikan, ayam. 

2. Diet lakto-vegetarian 

Selanjutnya jenis diet yang bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menjalani hidup sehat adalah diet lakto - vegetarian, diet ini cukup mudah dilakukan dan tentunya sangat nikmat jika dilakukan oleh anda pecinta susu. Sebab,  diet ini hanya mengkonsumsi produk olahan nabati yang mencakup produk susu seperti Makanan  atau minuman yang mengandung susu sapi dan produk olahan nabati lainnya seperti mentega, krim asam, yogurt,keju  dan es krim.

3. Diet vegetarian-ovo 

Rekomendasi diet selanjutnya adalah diet vegetarian ovo, tipe diet ini berbeda dengan diet sebelumnya. Diet ini, bisa memakan telur tetapi sangat menghindari semua produk olahan susu seperti keju, yogurt, eskrim dan semacamnya. Meski begitu, jenis diet ini juga tetap menghindari makanan yang berasal dari hewani seperti daging sapi, ayam dan ikan maupun babi. 

4. Diet pescatarian

Dalam bahasa Italia, kata "pesce," memiliki arti ikan. Dan pescatarian adalah sebuah metode diet nabati yang hanya mengkonsumsi beberapa jenis ikan di dalam dietnya. Seseorang yang menjalani diet ini, biasanya memilih jenis ikan seperti salmon, tuna, sushi yakni jenis ikan yang dinilai mengandung banyak vitamin didalamnya.

Meski memakan daging ikan, tetapi jenis diet ini ternyata juga menghindari makanan yang berasal daging babi, ayam dan sapi.

5. Diet fleksibel 

Diet fleksibel, diet ini cukup menyenangkan dan mudah diterapkan. Sebab, sebagai individu yang menerapkan metode diet sehat ini dapat melakukannya sesuai gaya hidup mereka.

Makanan yang mereka konsumsi tidak terlalu ketat seperti beberapa jenis vegetarian sebelumnya yang harus mengatur hanya boleh memakan 1 jenis olahan saja.  Diet fleksibel ini, bisa memakan keduanya, makanan dari hewani maupun nabati dengan kadar yang cukup agar mereka tetap sehat dalam menjalani diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telur susu diet
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top