Bayi. /Antara-Shutterstock
Health

Balita Juga Disuntik Vaksin Covid-19?

Muhammad Ridwan
Sabtu, 22 Januari 2022 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemberian vaksin terhadap anak-anak dinilai penting untuk mempercepat pencapaian herd immunity. Nantinya, tahapan vaksinasi akan menyasar rentang usia balita.

Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Profesor DR Sri Rezeki H. Hadinegoro, Sp.A (K), mengatakan tahapan pemberian vaksin untuk anak-anak dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, dengan jumlah vaksin Covid-19 yang terbatas, maka program vaksinasi dilakukan untuk populasi rentan terlebih dahulu. 

Dalam halnya pemberian vaksin terhadap anak, tahap pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan vaksin pada remaja dengan rentang usia 12 tahun—17 tahun yang dimulai sejak Agustus tahun lalu.

Sri melanjutkan, setelah vaksin untuk remaja terbukti aman dan efektif, maka vaksinasi dilakukan untuk anak dengan usia 6 tahun—11 tahun yang dimulai sejak Januari 2022.

“Kita evaluasi dulu apa perlu diberikan ke balita, kita lakukan dengan baik dan cermat dan tidak gegabah,” ujarnya dalam diskusi yang digelar pada Sabtu (22/1/2022).

Dia menjelaskan, sejumlah negara telah memberikan vaksin Pfizer dan Moderna pada anak remaja dengan rentang usia 12 tahun—17 tahun.

Pada November tahun lalu, Amerika Serikat telah mulai memberikan vaksin Pfizer untuk anak dengan usia 5 tahun—11 tahun.

Dia menuturkan, China telah melakukan penelitian pemberian vaksin Sinovac-Coronavac untuk anak berumur 3 tahun. Di samping itu, beberapa vaksin Covid-19  tengah diuji untuk anak berumur 6 bulan, namun masih belum memiliki hasil publikasi.

“Jadi kalau kita lihat vaksinasi anak bermanfaat tidak hanya dirinya sendiri tapi orang di sekitarnya,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro