Ilustrasi vitamin dan suplemen yang bisa dikonsumsi pasien Covid-19/Freepik
Health

3 Jenis Vitamin yang Tingkatkan Imunitas, Pasien Covid-19 Wajib Tahu!

Tresia
Rabu, 2 Februari 2022 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melonjaknya kasus Covid-19 dan merebaknya varian Omicron di Indonesia membuat orang mulai mencari vitamin atau suplemen yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Profesor Asosiasi dan Ahli Gizi di Etetika yakni Catrina Palacios merekomendasikan svitamin dan makanan yang dapat dikonsumsi agar tubuh senantiasa kuat dan terjaga dari paparan virus Covid-19.

Catrina berpendapat apabila seseorang mengkonsumsi suplemen dan makanan yang kaya vitamin dan mineral tertentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

"Jika sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan sangat baik, kita tidak akan terinfeksi [virus Covid-19],” katanya seperti dikutip Fiunews pada Rabu (02/2/2022)

Secara umum, dia menuturkan nutrisi dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Selain itu, lanjutnya, tubuh membutuhkan enzim dan banyak vitamin serta mineral untuk membantu enzim bekerja lebih baik.

Dengan menggandeng ahli gizi dan kesehatan internasional, Catrina membagikan tips vitamin yang dapat dikonsumsi agar meningkatkan sistem imunitas tubuh selama pandemi yang diterbitkan dalam jurnal resmi Latin American Society of Nutrition (SLAN).

Berikut daftar 3 vitamin yang bisa meningkatkan imunitas tubuh

1. Vitamin C

Vitamin C diklaim sebagai sumber utama untuk membantu sistem kekebalan tubuh, Catrina menyatakan bahwa vitamin C sangat penting untuk kesehatan leukosit, sejenis sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Catrina juga menyarankan orang dewasa mengkonsumsi suplemen vitamin C 1000 mg dua kali setiap hari. Adapun, buah yang mengandung vitamin c seperti jus jeruk, sayuran sitrat lainnya termasuk jeruk bali, stroberi, tomat, dan cranberry.

2. Vitamin D

Vitamin yang satu ini memang bisa didapatkan tanpa harus mengkonsumsi sesuatu, yakni dengan berjemur dibawah sinar matahari. Meski begitu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga sangat perlu agar lebih cepat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi terinfeksi virus Covid-19 .

Catrina merekomendasikan asupan vitamin D dengan makan ikan dan makanan lain yang diperkaya dengan vitamin. Bagi mereka yang kekurangan vitamin D, dapat segera konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk dosis suplemen yang tepat.

3. Zinc

Seperti diketahui seng atau zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Catrina mengatakan bahwa seng/zinc sangat penting untuk perkembangan normal dan fungsi sel yang memediasi dari sistem kekebalan tubuh.

Dia menambahkan bahwa penelitiannya menunjukkan sebuah peningkatan konsentrasi seng dapat menghambat replikasi virus seperti virus polio dan virus SARS-corona (Covid-19) Catrina merekomendasikan untuk orang dewasa mengkonsumsi suplemen seng/zinck sebanyak 40 mg atau kurang sekali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro