Ilustrasi sesak napas
Health

Simak 4 Cara Meningkatkan Kadar Oksigen secara Alami

Aliftya Amarilisya
Rabu, 9 Februari 2022 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tingkat saturasi oksigen untuk orang sehat umumnya berkisar antara 95-100 persen. Lalu, bagaimana jika kadar oksigen dalam tubuh di bawah 95 persen? Bagaimana cara meningkatkannya?

Seperti yang telah dipahami, oksigen memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Keberadaannya mendukung sistem kekebalan tubuh dan mampu membantu mengganti sel-sel yang aus.

Untuk itu, penting guna memastikan kadar oksigen dalam tubuh tidak terlalu rendah. Adapun cara mengukur saturasi oksigen ini bisa menggunakan oximeter.

Ia adalah alat kecil yang menjepit jari atau bagian lain dari tubuh Anda dan menentukan rasio sel darah merah yang membawa oksigen.

Berikut beberapa cara alami untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah Anda.

1. Buka jendela ruangan

Cara sederhana ini bisa meningkatkan kadar oksigen darah secara keseluruhan. Jika perlu, Anda juga bisa menyempatkan diri sebentar untuk keluar rumah guna menghirup udara segar.

2. Berhenti merokok

Tak sedikit orang yang mendapati sirkulasi dan kadar oksigen mereka meningkat secara signifikan usai berhenti merokok selama dua minggu. Fungsi paru-parunya bahkan bisa meningkat hingga 30 persen dalam waktu singkat.

3. Merawat tanaman

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias juga bisa menghilangkan karbon dioksida dan mengisi ruangan dengan oksigen.

4. Melatih pernapasan

Melatih pernapasan di sini tidak perlu menggunakan alat apapun. Anda cukup mengambil napas dari bibir ke perut dengan dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro