Ilustrasi anak sakit /istimewa
Health

Bund, Waspadai Jenis Kanker yang Menyerang Anak-anak Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Februari 2022 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker bukan hanya menyerang anak-anak tapi juga orang dewasa.

Karena itu, para orang tua harus mewaspadai kondisi anaknya, dan segera memeriksakan kesehatan jika ada tanda-tanda yang mengarah pada kanker.

Di hari kanker anak 15 Februari, berikut beberapa jenis  kanker yang menyerang anak seperti dilansir dari Cancer.org :

1. Leukemia

Leukemia, yang merupakan kanker sumsum tulang dan darah, adalah kanker anak yang paling umum. Mereka menyumbang sekitar 28% dari semua kanker pada anak-anak. Jenis yang paling umum pada anak-anak adalah leukemia limfositik akut (ALL) dan leukemia myeloid akut (AML). Leukemia ini dapat menyebabkan nyeri tulang dan sendi, kelelahan, kelemahan, kulit pucat, pendarahan atau memar, demam, penurunan berat badan, dan gejala lainnya. Leukemia akut dapat tumbuh dengan cepat, sehingga perlu diobati (biasanya dengan kemoterapi) segera setelah ditemukan.

2. Tumor otak dan sumsum tulang belakang

Tumor otak dan sumsum tulang belakang adalah kanker paling umum kedua pada anak-anak, membentuk sekitar 26% dari kanker anak. Ada banyak jenis tumor otak dan sumsum tulang belakang, dan perawatan serta pandangan untuk masing-masing tumor berbeda.

Sebagian besar tumor otak pada anak-anak dimulai di bagian bawah otak, seperti otak kecil atau batang otak. Mereka dapat menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, penglihatan kabur atau ganda, pusing, kejang, kesulitan berjalan atau memegang benda, dan gejala lainnya. Tumor sumsum tulang belakang kurang umum dibandingkan tumor otak pada anak-anak dan orang dewasa.

3. Neuroblastoma

Neuroblastoma dimulai pada bentuk awal sel saraf yang ditemukan pada embrio atau janin yang sedang berkembang. Sekitar 6% kanker anak adalah neuroblastoma. Jenis kanker ini berkembang pada bayi dan anak kecil. Jarang terjadi pada anak-anak yang berusia lebih dari 10 tahun. Tumor dapat dimulai di mana saja, tetapi biasanya dimulai di perut (perut) yang terlihat sebagai pembengkakan. Ini juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti nyeri tulang dan demam.

4. Tumor Wilms

Tumor Wilms (juga disebut nephroblastoma) dimulai pada satu, atau jarang, kedua ginjal. Ini paling sering ditemukan pada anak-anak berusia sekitar 3 hingga 4 tahun, dan jarang terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Ini bisa muncul sebagai pembengkakan atau benjolan di perut (perut). Terkadang anak mungkin memiliki gejala lain, seperti demam, nyeri, mual, atau nafsu makan yang buruk. Tumor Wilms menyumbang sekitar 5% dari kanker anak.

5. Limfoma

Limfoma dimulai di sel sistem kekebalan yang disebut limfosit. Kanker ini paling sering dimulai di kelenjar getah bening atau di jaringan getah bening lainnya, seperti amandel atau timus. Mereka juga dapat mempengaruhi sumsum tulang dan organ lainnya. Gejala tergantung di mana kanker dimulai dan dapat mencakup penurunan berat badan, demam, berkeringat, kelelahan (kelelahan), dan benjolan (pembengkakan kelenjar getah bening) di bawah kulit di leher, ketiak, atau selangkangan.

2 jenis utama limfoma adalah limfoma Hodgkin (kadang-kadang disebut penyakit Hodgkin) dan limfoma non-Hodgkin. Kedua jenis terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

Limfoma Hodgkin menyumbang sekitar 3% dari kanker anak. Namun, ini lebih umum terjadi pada masa dewasa awal (biasanya pada orang berusia 20-an) dan dewasa akhir (setelah usia 55). Limfoma Hodgkin jarang terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Jenis kanker ini sangat mirip pada anak-anak dan orang dewasa, termasuk jenis pengobatan mana yang paling berhasil.

Limfoma non-Hodgkin membuat sekitar 5% dari kanker anak. Lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang lebih muda daripada limfoma Hodgkin, tetapi masih jarang terjadi pada anak-anak di bawah 3 tahun. Jenis-jenis limfoma non-Hodgkin yang paling umum pada anak-anak berbeda dengan pada orang dewasa. Kanker ini sering tumbuh dengan cepat dan memerlukan perawatan intensif, tetapi mereka juga cenderung merespon lebih baik terhadap pengobatan daripada kebanyakan limfoma non-Hodgkin pada orang dewasa.

6. Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma dimulai di sel yang biasanya berkembang menjadi otot rangka. (Ini adalah otot-otot yang kita kendalikan untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh kita.) Jenis kanker ini dapat muncul di hampir semua tempat di tubuh, termasuk kepala dan leher, selangkangan, perut (perut), panggul, atau di lengan atau kaki. . Ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak (benjolan), atau keduanya. Ini adalah jenis sarkoma jaringan lunak yang paling umum pada anak-anak. Itu membuat sekitar 3% dari kanker anak.

7. Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah kanker mata. Ini menyumbang sekitar 2% dari kanker anak. Biasanya terjadi pada anak-anak sekitar usia 2 tahun, dan jarang ditemukan pada anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun.

Retinoblastoma biasanya ditemukan karena orang tua atau dokter melihat mata anak terlihat tidak biasa. Biasanya ketika Anda menyinari mata anak-anak (atau mengambil gambar flash), pupil (titik gelap di tengah mata) terlihat merah karena darah di pembuluh di belakang mata. Pada mata dengan retinoblastoma, pupil sering terlihat putih atau merah muda.

8. Kanker tulang

Kanker yang dimulai di tulang (kanker tulang primer) paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja yang lebih tua, tetapi mereka dapat berkembang pada usia berapa pun. Mereka menyumbang sekitar 3% dari kanker anak.

Dua jenis utama kanker tulang primer terjadi pada anak-anak:

Osteosarcoma paling sering terjadi pada remaja, dan biasanya berkembang di daerah di mana tulang tumbuh dengan cepat, seperti di dekat ujung tulang kaki atau lengan. Ini sering menyebabkan nyeri tulang yang memburuk di malam hari atau dengan aktivitas. Ini juga dapat menyebabkan pembengkakan di daerah sekitar tulang.

Sarkoma Ewing adalah jenis kanker tulang yang kurang umum. Hal ini paling sering ditemukan pada remaja muda. Tempat paling umum untuk memulai adalah tulang panggul (pinggul), dinding dada (seperti tulang rusuk atau tulang belikat), atau di tengah tulang kaki. Gejalanya bisa berupa nyeri tulang dan pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro