Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Health

Terapi Radiasi untuk Kanker Payudara

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 11 Februari 2022 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kanker payudara dapat diobati dengan berbagai cara, termasuk dengan terapi radiasi. Tergantung pada jenis dan stadium kanker Anda, radiasi dapat digunakan sendiri sebagai pengobatan untuk kanker payudara, atau dengan terapi lain.

Menurut National Cancer Institute, terapi radiasi menggunakan sinar atau partikel energi tinggi dapat membunuh sel kanker. Radiasi tersebut memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sementara itu juga mempengaruhi sel-sel sehat di dekatnya, sel-sel sehat biasanya pulih setelah pengobatan radiasi berakhir.

Jenis terapi radiasi yang paling umum adalah radiasi sinar eksternal. Dengan radiasi pancaran eksternal, sebuah mesin mengarahkan pancaran radiasi energi tinggi ke area di mana sel-sel kanker telah ditemukan.

Radiasi sinar eksternal biasanya diberikan sekali sehari, 5 hari seminggu, selama 2 sampai 10 minggu secara rawat jalan. Ini berarti Anda bisa pulang setelah perawatan.

Sedangkan radiasi internal adalah ketika sumber radiasi dimasukkan ke dalam tubuh Anda. Jenis radiasi ini juga dikenal sebagai brachytherapy. Sering diberikan melalui satu atau lebih tabung kecil atau kateter.

Pengobatan brachytherapy biasanya diberikan dua kali sehari selama 5 hari berturut-turut sebagai prosedur rawat jalan. Jadwal perawatan spesifik Anda akan tergantung pada apa yang telah dipesan oleh ahli onkologi Anda.

Terapi radiasi dapat digunakan dalam berbagai kasus untuk pengobatan kanker payudara. Ini dapat digunakan setelah operasi konservasi payudara agar mengurangi risiko kekambuhan pada payudara Anda dan setelah mastektomi, terutama jika tumornya lebih besar dari 5 sentimeter dan ada kanker di kelenjar getah bening Anda.

Efek samping yang umum dari terapi radiasi sinar eksternal untuk kanker payudara meliputi iritasi kulit seperti terbakar sinar matahari di area perawatan, kulit kering, gatal, kelelahan, pembengkakan di payudara Anda dan rambut rontok di area yang terpancar.

Efek jangka panjang juga dapat terjadi dengan radiasi sinar eksternal, yang dapat membuat payudara Anda menjadi lebih kecil dan lebih keras, membuat lebih sulit untuk menyusui, mempengaruhi pilihan rekonstruksi, dan dampak saraf di lengan Anda

Radiasi internal biasanya memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan radiasi sinar eksternal. Efek samping yang paling umum adalah kemerahan atau perubahan warna, memar nyeri payudara, infeksi, kerusakan jaringan lemak, dan pengumpulan cairan di payudara Anda.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu meminimalkan beberapa efek samping dari terapi radiasi, yaitu:

- Pastikan untuk banyak istirahat, makan makanan yang seimbang, tetap terhidrasi, berolahraga secara teratur

- Hanya gunakan lotion dan produk kulit yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

- Hindari meletakkan sesuatu yang terlalu panas atau terlalu dingin pada kulit yang terkena.

- Kenakan pakaian longgar yang tidak akan bergesekan dengan kulit Anda.

- Hindari tanning bed. Sinar UV lebih lanjut dapat mengiritasi dan mengobarkan kulit Anda.

- Hindari paparan sinar matahari pada area perawatan.

- Jangan gunakan deodoran, parfum, atau produk yang mengandung alkohol kecuali Anda diberi tahu bahwa itu aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro