Garam/istimewa
Health

Ini Bahan Pengganti Garam agar Hidup Lebih Sehat

Aliftya Amarilisya
Sabtu, 19 Februari 2022 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Makanan dengan cita rasa asin banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Persoalannya, mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam bisa mengakibatkan masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga stroke.

Oleh karenanya, penting bagi setiap orang untuk membatasi asupan garam. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan lain misalnya bumbu aromatik, seperti bawang putih dan jahe.

Selain itu, pilihlah makanan yang segar dan hindari pula makanan olahan yang mana memiliki kadar garam sangat tinggi, seperti daging asap, sosis, dan kornet.

"Batasi juga asupan kerupuk karena tanpa disadari kerupuk itu banyak kandungan garam," kata pakar diet dan gizi klinik Johanes Chandrawinata, dikutip dari Antara pada Sabtu (19/2/2022).

Di sisi lain, Johanes Chandrawinata pun turut menekankan bahwa pembatasan asupan garap sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur.

“Untuk menjaga pola hidup sehat, pembatasan asupan garam sama pentingnya dengan mengkonsumsi buah dan sayur,” kata Johanes Chandrawinata.

Ia menambahkan, "Penurunan konsumsi garam sebanyak 15 persen bisa mencegah sampai 8,5 juta kematian di 23 negara dengan beban hipertensi dalam 10 tahun."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro