ilustrasi
Fashion

Produk Fesyen Merek Lokal Ramah Lingkungan Ini Mampu Tembus Pasar Dunia

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 23 Februari 2022 - 23:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah produk seperti pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak, aksesori dan reusable mask buatan merek fesyen lokal bernama Sejauh Mata Memandang (SMM) berhasil menembus pasar dunia seiring maraknya platform e-commerce di Tanah Air.

Sejauh Mata Memandang (SMM) menerapkan konsep slow fashion dengan memakai material dasar menggunakan tekstil daur ulang dari limbah prakonsumsi yang kemudian diproses menjadi bahan baru. Hal itu menunjukkan komitmen SMM untuk ikut mengkampanyekan isu sosial menjaga bumi dengan lebih peduli terhadap lingkungan.

Sejalan dengan itu, pemilik SMM, Chitra Subyakto juga telah memperkenalkan konsep sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan kepada dunia, salah satunya dengan menjual produk melalui platform e-commerce Shopee Ekspor.

"Kami sangat senang memiliki konsumen hingga ke luar Indonesia. Permintaan konsumen dari luar negeri melalui Shopee pun terus meningkat,” ujarnya.

SMM mendapat respons yang positif dan bisa menjadi agent of change, yakni konsumen dan masyarakat umum ikut terbuka dan sadar akan isu-isu yang SMM sampaikan. “Semoga memberi efek domino yang lebih luas," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (23/2/2022).

Chitra menjelaskan, mengenalkan konsep fesyen  berkelanjutan kepada dunia menjadi sebuah tantangan bagi SMM. Namun seiring berjalannya waktu, sambungnya, SMM kini memiliki konsumen yang lebih luas hingga dapat ekspor ke Malaysia dan Singapura.

Chitra mengklaim, produk SMM menggunakan bahan yang dapat terurai, di mana pada awalnya material dari produk-produk tersebut hanya menggunakan kain linen dan katun.

“Kami juga mengutamakan kenyamanan. Desain produk SMM dibuat disesuaikan dengan iklim tropis agar bisa dipakai sepanjang tahun. Kami juga tidak memakai poliester karena tidak dapat terurai dan berdampak buruk terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro