Ilustrasi lidah
Health

Mengenal Apa Itu Lidah Covid dan Penyebabnya

Aliftya Amarilisya
Senin, 14 Maret 2022 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Selain batuk dan sakit tenggorokan, ada sejumlah variasi gejala infeksi Covid-19 yang tak umum muncul. Lidah Covid di mana lidah terlihat putih, tidak rata, dan bengkak adalah salah satunya.

Satu dari lima orang dengan Covid masih menunjukkan gejala yang kurang umum yang tidak masuk dalam daftar PHE resmi, seperti ruam kulit, melihat peningkatan jumlah lidah Covid dan sariawan yang aneh,” cuit peneliti utama Zoe Covid Study, Tim Spector di Twitter.

Nah, lalu apa penyebab dari lidah Covid ini?

Dikutip dari Etimes, Senin (14/3/2022), sariawan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Adapun sariawan ini sendiri adalah jamur yang disebabkan oleh virus corona atau obat-obatan dalam mengobati Covid-19.

Di sisi lain, Reseptor Angiotensin-converting enzyme 2 (ACE) juga bisa menjadi penyebab pembengkakan lidah Covid. Diketahui, reseptor tersebut adalah protein yang masuk karena virus corona.

Tak cuma itu, mulut kering pun bisa menjadi faktor penyebab lidah Covid.

Dalam hal ini, Covid-19 turut membuat kelenjar ludah mulut mengeluarkan air liur lebih sedikit. Akibatnya, mulut mnjadi kering dan sejumlah penyakit mulut pun berkembang biak dalam kondisi tersebut.

Sayangnya, kondisi lidah Covid ini memang tidak banyak dibicarakan. Para dokter lebih berfokus pada gejala umum dan pemeriksaan paru-paru.

Lebih jauh, Kepala Departemen Kesehatan Penyakit Menular Universitas Buffalo, Thomas Russo pun mengatakan, "[Banyak dokter melewatkan] pemeriksaan mulut karena dapat meningkatkan risiko terinfeksi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro