Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tanda Kebiasaan Makan Anda Tidak Sehat, Waspada! 

Simak 6 tanda kebiasaan yang harus Anda waspadai karena menunjukkan pola makan tidak sehat.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 18 Maret 2022  |  19:15 WIB
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika Anda mencoba makan dengan baik, mungkin secara tidak sengaja membuat keputusan yang buruk dalam proses diet Anda. Ada beberapa tanda yang dapat Anda waspadai karena menunjukkan pola makan Anda tidak sehat.

Dengan memperhatikan tanda-tanda peringatan ini, Anda dapat menciptakan kesadaran tentang kebiasaan yang perlu diubah untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda tidak perlu membatasi pada makanan yang Anda sukai untuk tetap sehat. Namun, Anda harus memperhatikan sinyal berikut bahwa ini saatnya untuk melakukan perubahan.

Simak 6 tanda kebiasaan makan Anda sudah tidak sehat, seperti yang dilansir dari Eat This pada Jumat (18/3/2022).

1. Anda memiliki kesehatan mulut yang buruk

Tahukah Anda bahwa kesehatan mulut sebenarnya dapat memberikan wawasan tentang kualitas diet Anda? Menurut Cheryl Mussatto, MS, RD, penulis buku The Nourished Brain, gusi berdarah dan gigi berlubang bukan hanya karena kurangnya flossing dan menyikat gigi, tetapi juga bisa menjadi tanda bahwa kebiasaan makan Anda tidak baik.

“Gusi bengkak atau berdarah berhubungan dengan tidak cukup makan makanan kaya vitamin C, seperti buah jeruk, tomat, dan sayuran hijau,” jelas Mussatto. “Dan terlalu banyak minuman atau makanan manis sering dikaitkan dengan gigi berlubang dan peradangan.”

2. Anda selalu lapar sebelum tidur

Normal untuk sesekali membutuhkan sedikit camilan beberapa jam setelah makan malam. Namun, jika Anda terus-menerus merasa lapar di malam hari, bahkan setelah makan malam yang seimbang, maka berarti Anda tidak mengonsumsi cukup kalori atau memenuhi kebutuhan Anda akan zat gizi makro tertentu.

“Banyak karbohidrat olahan dan sedikit protein adalah resep untuk rasa lapar di kemudian hari, karena komponen ini membantu kita tetap merasa kenyang,” kata Kitty Broihier, MS, RD, pemilik Konsultasi NutriComm dan pencipta Lab Kebiasaan Makan.

“Makan makanan yang cukup sepanjang hari, termasuk protein dan serat yang cukup, akan menjaga ngemil malam tetap terkendali. Jika Anda mendapati diri Anda secara rutin meraih camilan satu atau dua jam setelah makan malam, (maka) perhatikan pola asupan makanan Anda,” tambah Broihier.

3. Anda sering sembelit

“Meskipun ada banyak alasan atau penyebab sembelit, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka, yang dapat menyebabkan masalah ini atau memperburuknya. Serat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian," kata Christina Iaboni, RD.

Jika Anda merasa tidak mendapatkan cukup serat, maka Iaboni menyarankan untuk menambahkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam diet Anda secara perlahan dan bertahap untuk mengurangi risiko efek samping yang tidak menyenangkan, seperti gas dan kembung.

Anda bisa mulai dengan menambahkan beberapa biji-bijian utuh, sereal untuk yogurt Anda di pagi hari, atau menyajikan sayuran di samping saat makan siang.

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat diet pola makan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top