Pawang tengah melakukan ritual meredam hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP 2022./Akun Twitter MotoGP
Entertainment

Mengenal Kegunaan Singing Bowl, Mangkuk Emas yang Digunakan oleh Pawang Hujan MotoGP Mandalika

Restu Wahyuning Asih
Senin, 21 Maret 2022 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Aksi 'menggeser' hujan yang dilakukan oleh Rara Istiani dalam gelaran MotoGP Mandalika menjadi perhatian publik.

Rara disebut berhasil menghentikan hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3/2022) sore.

Sang pawang hujan dalam ritualnya, terlihat memegang sebuah mangkuk emas yang disebutnya sebagai singing bowl.

Dalam sebuah wawancara, Rara mengatakan bahwa perantara doanya dilakukan menggunakan singing bowl tersebut.

"Ini kan ada singin bowl, singing bowl itu kan getaran suara. Jadikan gelombang otak itu kan ada alfa, trus delta, trus teta. Gelombang otak itu untuk meditasi. Kalau pawang hujan itu bisa sampai ke teta," Jelas Rara.

Tak hanya dari getaran suara, doa yang dipanjatnya dan teriakan juga perlu dilakukan untuk mengusir hujan.

"Sebenarnya memecah awan itu dengan energi getaran doa ini, singing bowl, terus dengan teriakan Rara. Memang kalau kita udah teriak nanti dia (langit) panas," lanjut sang pawang hujan.

Melansir dari akun Instagram @singingbowlindonesia, mangkuk emas yang dibawa oleh Rara ternyata memiliki kegunaan khusus.

Dengan dipadukan mental dan energi yang ada di alam semesta, maka seseorang disebut bisa mengendalikan sesuatu dengan tubuhnya.

"Tubuh bisa jadi media penyalur karena ada frekuensi dan vibrasi yang terpancar ketika kita memikirkan sesuatu dan merasakan emosi tertentu. Seperti yang dilakukan Mbak Rara," tulis akun @singingbowlindonesia.

Dari niat yang ingin dicapai oleh Rara, yakni cuaca menjadi lebih kondusif, maka terjadilah manifestasi harapan baik ke lingkungan atau alam.

"Dan Singing Bowl menjadi alat untuk membantu proses manifestasi tersebut. Suara atau getaran yang dihasilkan Singing Bowl bisa mensikronisasi aliran energi di dalam tubuh dan di luar tubuh kita," jelas akun tersebut.

Singing bowl pun akan membantu energi Rara untuk memancarkan energi dari tubuhnya, untuk menyerukan doa.

"Alam yang tadinya menunjukkan sinyal akan hujan, energinya akan disinkronkan dengan niatan yang kuat dari intentions atau kekuatan pikiran Mbak Rara tadi. Kedengarannya memang mustahil, tapi banyak perubahan yang akan terjadi dalam hidup jika teman-teman bisa mengendalikan frekuensi dan vibrasi yang terpancar dari dalam diri," tulis Singing Bowl Indonesia.

Lalu apa itu singing bowl?

Singing bowl atau genta Tibet merupakan sejenis lonceng berbentuk mangkuk berwarna emas, yang akan bergetar dan menghasilkan nada saat dimainkan.

Alat ini dijadikan terapi suara oleh masyarakat di pegunungan Himalaya, Nepal, dan Tibet.

Singing bowl juga dimanfaatkan bagi para biksu Budha untuk berdoa, berkumpul, dan meditasi.

Metode sound healing dengan genta Tibet diyakini bisa menyembuhkan berbagai kondisi sakit fisik maupun jiwa seseorang, seperti menghilangkan rasa stres.

Untuk menghasilkan suara, dilakukan dengan cara mengetuk genta stick (mallet) atau mengetuk lalu memutar stick mengelilingi tepi luar atau tepi mangkuk genta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro