Singing bowl atau mangkuk emas tibet digunakan oleh pawang hujan di MotoGP Mandalika untuk menghentikan hujan. Mangkuk emas ini biasanya dimanfaat untuk pengobatan holistik dan bisa meredakan stres
Health

Viral Mangkuk Emas Hentikan Hujan di MotoGP Mandalika, Ini 8 Manfaat Ajaib Singing Bowl

Novita Sari Simamora
Senin, 21 Maret 2022 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Singing Bowl atau mangkuk bernyanyi Tibet sepekan terakhir viral di media sosial karena dipergunakan oleh pawang hujan MotoGP untuk menghentikan hujan.

Apakah fungsi singing bowl atau mangkuk bernyanyi Tibet? Penelitian ilmiah menunjukkan mangkuk ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Sejarah mencatatkan bahwa singing bowl digunakan untuk meningkatkan energi negatif dan merilis energi negatif dari tubuh. Mengutip dari Very Well, Senin (21/3/2022), berikut manfaat mangkuk emas:

1. Menghilangkan stres

Beberapa penelitian mendukung penggunaan mangkuk bernyanyi Tibet sebagai cara untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi perasaan cemas.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Karena singing bowl telah dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan ketegangan, mungkin membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Health Promotion pada tahun 2014 meneliti manfaat singing bowl saat sesi relaksasi selama 12 menit dan menemukan penurunan yang lebih besar pada tekanan darah sistolik dan detak jantung dibandingkan dengan diam sebelum sesi.

4. Mengurangi depresi

Satu studi mengaitkan terapi mangkuk bernyanyi dengan perbaikan suasana hati dan menyarankan bahwa pendekatan ini mungkin merupakan cara berbiaya rendah untuk membantu mengurangi gejala depresi

5. Merangsang sistem kekebalan

Beberapa juga mengklaim bahwa mangkuk bernyanyi Tibet dapat merangsang sistem kekebalan dan menghasilkan perubahan yang menguntungkan dalam gelombang otak.

manfaat mangkuk emas, singing bowl, pawang hujan
manfaat mangkuk emas, singing bowl, pawang hujan

6. Pereda nyeri

Satu studi yang mengamati nyeri tulang belakang kronis menemukan bahwa orang yang diobati dengan terapi mangkuk bernyanyi mengalami penurunan intensitas nyeri yang signifikan serta penurunan stres.

Namun, perawatan plasebo memiliki efek yang sama, sehingga penulis studi menyimpulkan bahwa efektivitas terapi mangkuk bernyanyi untuk penghilang rasa sakit tidak dapat dikonfirmasi.

7. Menyeimbangkan dan menyelaraskan tubuh

Banyak pendukung mengklaim bahwa getaran mangkuk bernyanyi dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam tubuh dengan "menyelaraskan" sel-sel dan "menyeimbangkan sistem energi tubuh."

8. Meningkatkan praktik penyembuhan lainnya

Beberapa orang menggunakan singing bowl dalam kombinasi dengan praktik penyembuhan lainnya, seperti meditasi dan pernapasan dalam. Mangkuk emas ini juga menjadi alat dalam penyembuhan holistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro