Usus buntu/istimewa
Health

5 Tanda Sakit Karena Masalah Usus

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 29 Maret 2022 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika usus Anda tidak sehat, maka dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Rata-rata manusia memiliki 100 triliun mikroba di usus, yang 10 kali lebih banyak daripada sel-sel dalam tubuh manusia. Kumpulan bakteri dan jamur yang menghuni tubuh kita ini jauh melebihi jumlah manusia kita sendiri.

Berikut adalah lima tanda usus Anda membuat Anda sakit menurut dokter, dilansir dari Eat This Not That:

1. Suasana Hati Memburuk

90% reseptor serotonin terletak di usus. Ada komunikasi dua arah anatomis dan fisiologis antara usus dan otak melalui saraf vagus. Sumbu usus-otak memberi kita pemahaman yang lebih besar tentang hubungan antara diet dan penyakit, termasuk depresi dan kecemasan.

2. Masalah Kekebalan Tubuh

Ada banyak bukti yang menunjukkan bagaimana usus yang tidak sehat dapat berdampak parah pada sistem kekebalan tubuh. Diet memengaruhi sistem kekebalan melalui mediator mikroba di usus, dan ini adalah contoh yang sangat mencolok dari triad diet-mikrobiota-imunitas yang berperan.

3. Peradangan

Jika usus Anda tidak teratur, itu bisa menyebabkan peradangan. Bakteri dalam usus memiliki mesin metabolisme untuk mencerna dan memfermentasi serat-serat dan sebagai tanggapannya mereka menghasilkan produk sampingan yang bermanfaat yaitu anti-inflamasi dan juga modulator kekebalan.

4.  Kegemukan

Bakteri di usus Anda dapat memengaruhi berat badan Anda. Satu penelitian menunjukkan bahwa metabolit spesifik yang ditemukan dalam plasma darah dan sampel tinja berhubungan langsung dengan obesitas. Penelitian di masa depan harus lebih fokus pada bagaimana komposisi bakteri usus dapat dimodifikasi untuk mengurangi risiko obesitas dan penyakit metabolik terkait dan penyakit kardiovaskular.

5. Masalah Tidur

Kesehatan usus Anda dapat memengaruhi tidur Anda, dan tidur yang buruk pada gilirannya dapat memengaruhi kesehatan usus Anda. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan pencernaan Anda dengan meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit gastrointestinal, serta memengaruhi makanan yang Anda pilih untuk dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro