Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Sakit Simpul Otot, yang Muncul Ketika Kebanyakan Duduk

Jika Anda duduk membungkuk di meja hampir sepanjang hari atau cenderung berlebihan saat berolahraga, maka Anda akan lebih rentan terhadap simpul otot.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 01 April 2022  |  18:57 WIB
Nyeri punggung atau low back pain bisa menyerang usia muda, terutama karena terlalu lama bekerja di balik meja - Freepik.com
Nyeri punggung atau low back pain bisa menyerang usia muda, terutama karena terlalu lama bekerja di balik meja - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari kita tidak terlalu akrab dengan simpul otot.

Simpul Otot pada dasarnya adalah bintik-bintik sakit yang terbentuk ketika pita otot menjadi kencang dan sensitif. Anda mungkin mengalami rasa sakit sepanjang waktu atau hanya ketika Anda menyentuh simpulnya.

Jika Anda duduk membungkuk di meja hampir sepanjang hari atau cenderung berlebihan saat berolahraga, maka Anda akan lebih rentan terhadap simpul otot.

Kabar baiknya adalah ada cara untuk mengurangi simpul otot yang tegang. Peregangan, gerakan lembut, dan pijatan dapat meredakan nyeri. Senapan pijat adalah cara terbaik yang nyaman untuk mendorong otot-otot Anda rileks tanpa harus keluar rumah. Lebih baik lagi, ada langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko timbulnya simpul otot.

Sementara simpul otot umum terjadi, mungkin sulit untuk menavigasi semua informasi di luar sana, terutama karena pemahaman ilmiah masih berkembang. Kami meminta para ahli untuk memandu Anda  apa yang menyebabkan simpul otot. Dan tips sederhana untuk menghilangkan rasa sakit dan pelajari cara mencegah terjadinya simpul otot.

Apa Itu Simpul Otot? Dan Apa Penyebabnya?

Jadi apa sebenarnya simpul otot itu? “Simpul otot adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan titik hiper-iritasi di dalam otot,” jelas Abi Smith, Fisioterapis Rehabilitasi di Six Physio Chelsea dan Mansion House. “Meskipun Anda dapat mengalami nyeri otot di satu titik nyeri, otot tidak mengembangkan simpul.”

Simpul, atau titik pemicu myofascial, biasanya terjadi karena penggunaan otot yang kurang atau berlebihan. Hal ini menyebabkan sesak yang pada gilirannya menyebabkan rasa sakit.

Memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya simpul otot, terutama jika Anda membungkuk. “Otot menyukai gerakan,” kata Smith, “Jika Anda duduk di depan meja selama delapan jam, Anda mungkin tidak menganggapnya berat, tetapi bisa pada otot tertentu. Ini menyebabkan otot-otot itu menjadi kelebihan beban dan menyakitkan.”

Namun bahkan jika Anda bergerak sepanjang hari dan berolahraga secara teratur, Anda masih bisa terkena simpul otot. Jika Anda memaksakan diri terlalu keras atau Anda berulang kali melatih otot yang sama, mereka bisa menjadi kelebihan beban dan kencang, menurut American Council on Exercise

Simpul juga dapat terbentuk karena stres, postur atau pengaturan stasiun kerja yang buruk, atau kurang tidur,” Ucap Sherry McAllister, Doctor of Chiropractic dan Presiden Foundation for Chiropractic Progress.

Terlepas dari tingkat aktivitas Anda, sangat membantu untuk menyadari simpul otot dan memahami cara mengobati dan mencegahnya.

Bagaimana Cara Mengobati Simpul Otot?

Simpul otot bisa menyakitkan, tetapi Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk meredakan rasa sakit. "Pahami akar penyebab mengapa Anda mengalami rasa sakit dan perbaiki itu," kata Smith. "Ini membuat Anda keluar dari rasa sakit sehingga Anda bisa melanjutkan hal-hal penting dalam hidup."

Jika tidak aktif adalah penyebabnya, Anda harus memprioritaskan gerakan teratur sepanjang hari, apakah itu melakukan peregangan dari meja Anda atau berjalan cepat saat makan siang. Jika Anda curiga telah melakukannya secara berlebihan di gym, biarkan tubuh Anda beristirahat.

Pijat titik pemicu adalah cara yang bagus untuk meredakan simpul otot. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Scholarly Research Notices menunjukkan bahwa pijat dapat meredakan ketegangan, meskipun para ahli tidak sepenuhnya mengerti mengapa. Anda mungkin ingin bereksperimen dengan pijat atau Anda bisa memanjakan diri sendiri dengan janji temu salon.

 Strategi sederhana lainnya untuk mengurangi rasa sakit termasuk minum banyak air dan mengoleskan panas atau es ke area tersebut. Jika rasa sakit berlanjut, mintalah saran dari profesional kesehatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tulang otot Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top