Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Pisang hingga Semangka, Ini 8 Makanan untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Berikut daftar makanan untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda  
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 April 2022  |  12:30 WIB
Buah pisang - Istimewa
Buah pisang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi adalah salah satu komplikasi kesehatan yang paling umum terlihat setelah usia tertentu. Banyak yang beralih ke obat segera setelah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi.

Perlu dicatat bahwa tekanan darah dapat dikelola dengan diet yang tepat dan dengan mengikuti gaya hidup sehat.

Banyak penelitian telah mengkonfirmasi bahwa tekanan darah tinggi dipicu oleh konsumsi makanan tertentu dan ada makanan yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia.

Berikut daftar makanan untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda  

1. Akar bit

Minum jus bit dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Sesuai penelitian, tekanan darah turun di antara pasien hipertensi yang mengonsumsi 1 cangkir jus bit selama hampir sebulan.
Meskipun bit matang dan mentah memiliki efek dalam mengurangi tekanan darah tinggi, efek bit mentah lebih menonjol.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jus bit menurunkan tekanan darah dalam beberapa jam setelah dikonsumsi.

2. Semangka

Semangka mengandung elemen penting yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Citrulline hadir dalam semangka menghasilkan oksida nitrat yang dikenal untuk mengendurkan pembuluh darah. Hal ini kemudian menurunkan tekanan darah tinggi dan membawanya di bawah kontrol.

3. Oat

Tahukah Anda bahwa oat yang Anda sukai saat mencoba menurunkan berat badan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah?

Oat mengandung beta-glukan yang dikenal untuk mengontrol tekanan darah. Ini juga mengandung serat yang membantu kesehatan usus dan mengontrol kolesterol dan selanjutnya mengontrol tekanan darah.

4. Bawang putih

Banyak dari kita tahu tentang manfaat luar biasa yang hanya dimiliki oleh satu siung bawang putih. Tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa bawang putih bukan hanya makanan antibiotik atau antijamur, tetapi juga mempercepat produksi oksida nitrat dan melemaskan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, allicin yang ada dalam bawang putih bermanfaat bagi tubuh manusia dalam beberapa cara lain.

5. Delima

Sesuai studi penelitian, konsumsi jus delima dapat mengurangi tekanan darah sistolik, menghambat aktivitas serum ACE, dan secara meyakinkan merupakan buah yang menyehatkan jantung. Konsumsi jus delima menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin serum dan mengurangi tekanan darah sistolik.

6. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi memiliki bakteri baik dan ragi yang dikenal dapat meringankan kondisi seperti tekanan darah tinggi. Para peneliti mengatakan makanan fermentasi memblokir enzim yang meningkatkan tekanan darah tinggi pada manusia. Namun, konsumsi makanan fermentasi yang sangat asin tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi karena dapat memperburuk kondisi.

7. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau segar adalah sumber nutrisi yang diketahui memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. Dari sekian banyak cara, mengendalikan tekanan darah tinggi juga merupakan manfaat kesehatan yang diberikan oleh sayuran berdaun hijau. Sayuran seperti bayam, sawi, dan kubis dikenal baik untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

8. Pisang

Pisang kaya akan potasium yang dikatakan sebagai elemen penting dalam mengelola hipertensi. Sering dikatakan bahwa pisang sehari dapat mencegah tekanan darah tinggi. Menurut American Heart Association, potasium yang ada dalam pisang mengurangi efek natrium dan melemaskan ketegangan di dinding pembuluh darah.
Baca: Para ahli memperingatkan untuk tidak mengonsumsi 4 makanan ini bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi darah tinggi makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top