Siswa mendaftar SNMPTN/Antara
Relationship

Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Ini Saran dari Pakar Psikometri

Setyo Puji Santoso
Rabu, 13 April 2022 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, SOLO – Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Terlebih bagi mereka yang belum mempersiapkan diri secara matang.

Berkaitan dengan hal itu, Pakar Psikometri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Moh. Abdul Hakim, memberikan tips bagi calon mahasiswa dalam menentukan jurusan.

Menurutnya, minat dan bakat memegang peranan yang sangat penting.

“Kunci menemukan passion itu kalau minat dan bakatnya selaras. Contoh saat kita memiliki minat di dunia sastra, misal kita sangat suka baca bukunya Ernest Hermingway. Lalu kita juga mudah menulis di bahasa Indonesia. Tulisanmu sering dapat pujian guru atau bahkan menang lomba. Di situlah titik temu antara minat dan bakatmu,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Dosen yang kini menjabat sebagai Koordinator Bidang (Korbid) Penjaminan Mutu dan Pengembangan Naskah Soal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS tersebut mengatakan bahwa renjana sangat penting bagi seseorang.

Renjana itu yang membuat seseorang dapat bertahan dan melanjutkan perjalanan di saat-saat yang berat.

Selain minat dan bakat, beberapa hal perlu dipastikan oleh calon mahasiswa sebelum menentukan jurusan kuliah. Salah satu hal yakni menentukan bidang yang digeluti di masa depan.

Hal ini perlu dipertimbangkan karena bidang tersebut akan digeluti dalam jangka waktu yang lama.

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih program studi (prodi) adalah kemampuan diri.
Hakim menyarankan agar calon mahasiswa dapat mengenali kemampuan diri sebelum memilih prodi. Jangan sampai calon mahasiwa memilih prodi yang jauh di atas kemampuan diri karena akan menghambat perjalanan kuliah.

“Perlu diingat bahwa kunci kesuksesan itu tidak hanya di minat, tetapi minat ketemu bakat dan minat ketemu kemampuan. Jangan karena suka kedokteran tetapi kemampuannya kurang kemudian nekat ke kedokteran karena nanti bisa kesulitan. Lebih baik cari prodi yang minatnya masih sama tapi kemampuannya bisa seimbang dengan diri kita,” imbuhnya.

Hakim berharap hal ini dapat membantu para calon mahasiswa dalam menemukan prodi yang tepat.

Saat ini, seleksi yang sedang berlangsung adalah pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Selain itu, UNS juga sedang membuka pendaftaran jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK) Vokasi UNS. Para calon mahasiswa diharapkan tidak salah memilih prodi saat mendaftar di berbagai jalur seleksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro