Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anda Punya Xanthomas Tendon? Hati-hati Tanda Kolesterol Tinggi

Kadang-kadang, lipid disimpan di tendon juga, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai xanthomas tendon.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 April 2022  |  08:57 WIB
Anda Punya Xanthomas Tendon? Hati-hati Tanda Kolesterol Tinggi
Xanthoma Tendon

Bisnis.com, JAKARTA - Saat kadar kolesterol merayap ke atas, zat lilin disimpan ke dinding arteri. Proses ini berkontribusi pada pengerasan dan penyempitan arteri, menempatkan jutaan pada periode harian serangan jantung dan stroke.

Kadang-kadang, lipid disimpan di tendon juga, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai xanthomas tendon.

Xanthomas tendon adalah molekul kolesterol pada tendon yang perlahan muncul sebagai nodul subkutan yang menempel pada tendon atau ligamen.

Permukaan punggung tangan dan tendon Achilles adalah dua bagian tubuh yang paling sering terkena.

Kehadiran nodul telah dikonfirmasi sebagai tanda klinis hiperkolesterolemia familial dalam berbagai penelitian.

Charlie Waugh, seorang peneliti di University of British Columbia dan Queen Mary University of London, mengatakan sama seperti low-density lipoprotein, atau LDL, menumpuk di pembuluh darah, jenis kolesterol yang sama ini dapat menumpuk di tendon

“Penumpukan ini mengakibatkan rasa sakit, membatasi mobilitas, atau bahkan menyebabkan tendon pecah. Meskipun kami tahu bahwa ada hubungan antara kolesterol tinggi dan cedera tendon, kami tidak tahu alasan hubungan ini. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan pemahaman kami tentang bagaimana kolesterol tinggi berdampak pada kesehatan, penyembuhan, dan fungsi tendon.” ujarnya dilansir dari Express.

Menggunakan model tikus, Charlie Waugh dan timnya menemukan bahwa kesehatan tendon secara signifikan dipengaruhi oleh keberadaan lipid.

Ilmuwan juga menemukan bahwa tendon tikus dengan kolesterol tinggi sembuh secara berbeda dari tikus rendah kolesterol, menurut Community Research and Development Information Service (CORDIS).

Waugh mencatat: “Rencana awal kami adalah menggunakan sisa jaringan manusia dari operasi tendon, tetapi kami segera menemukan ini tidak cocok untuk memeriksa pertanyaan yang kami miliki.

“Kami mengalami masalah yang sama dengan bahan mayat, yang merupakan rencana cadangan kami. Kami menunjukkan bahwa sel-sel tendon di lingkungan kolesterol tinggi berperilaku berbeda, menunjukkan karakteristik penyembuhan luka yang lebih rendah dan mengekspresikan matte gen yang berbeda dalam proses inflamasi dan perbaikan.” paparnya.

Hewan pengerat dalam kelompok kolesterol tinggi juga menunjukkan tanda-tanda ketegangan pada tendon Achilles mereka, menempatkan mereka pada risiko cedera terkait ketegangan.

Cara menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol tinggi membutuhkan perubahan gaya hidup yang signifikan, tetapi diet bisa dibilang yang paling penting.

Menurut Kathy McManus, direktur Departemen Nutrisi di Brigham and Women's Hospital, kekurangan diri bukanlah jawabannya.

Tujuannya adalah untuk menekankan makanan yang meningkatkan kadar kolesterol baik, yang menahan kekuatan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol baik, secara medis dikenal sebagai high-density lipoprotein, membantu membersihkan tubuh dari kelebihan kolesterol sehingga kecil kemungkinannya untuk berakhir di arteri Anda.

Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan cara yang berbeda, tetapi beberapa yang paling efektif terdiri dari serat larut, yang menyeret lipid berbahaya keluar dari tubuh.

Studi juga menunjukkan bahwa diet yang mencakup gandum, almond, kedelai dan sterol, secara signifikan mengurangi kolesterol dalam beberapa minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top