Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah/Freepik.com
Health

Mitos-mitos Seputar Kolesterol

Robby Fathan
Jumat, 15 April 2022 - 07:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol adalah hal yang sangat buruk untuk tubuh manusia.

Penyakit ini bisa mematikan, dan penyakit jantung adalah efek  yang selalu dikaitkan dengan kolesterol.

Yang paling membuat kita takut adalah angka kolesterol yang menurut para ahli merupakan indikator kesehatan tubuh kita. Angka yang rendah berarti lebih sedikit kolesterol dan kesehatan yang baik dan jumlah yang tinggi berarti kita perlu mengubah gaya hidup kita untuk mengendalikannya.

Faktanya adalah tidak semua kolesterol itu buruk. Kebingungan ini dipicu oleh beberapa mitos di sekitarnya. 

Ini adalah mitos terbesar dan paling luas seputar kolesterol. Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk melakukan kegiatan tertentu seperti membuat hormon dan membangun sel.

Ada dua jenis kolesterol: low density lipoprotein dan high density lipoprotein.

Di antaranya lipoprotein densitas rendah adalah yang buruk. Kadar kolesterol yang tinggi ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Yang lain, lipoprotein densitas tinggi adalah yang baik. Menurut para ahli kesehatan, kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Jika tubuh Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, itu tidak akan pernah menunjukkan tanda-tanda. Itu sebabnya para ahli kesehatan telah memperingatkan konsumsi junk food dan kebiasaan gaya hidup lainnya yang menyebabkan akumulasi kolesterol dalam tubuh.

Tanda-tanda kolesterol tinggi hanya akan terlihat ketika organ tubuh terkena dan biasanya organ terpengaruh ketika kolesterol telah disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama.

Makan lebih sedikit akan menurunkan kolesterol? Itu tergantung pada apa yang Anda makan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh maka yang terbaik adalah beralih ke makanan yang tidak memiliki lemak ini. Sumber lemak jenuh terbesar ini adalah makanan dari hewan, seperti daging merah, mentega, dan keju.

Tidak sulit untuk menurunkan kadar kolesterol. Para ahli kesehatan telah melihat perubahan luar biasa pada pasien yang pernah didiagnosis memiliki kolesterol tinggi.

Untuk menghentikan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah, seseorang perlu memastikan unsur-unsur berbahaya ini tidak masuk ke dalam tubuh dan apa pun yang masuk ke dalam dihilangkan dengan benar

Untuk ini, seseorang harus membuat perubahan dalam kebiasaan diet. Berhenti mengkonsumsi lemak jenuh dan produk daging dan termasuk minyak sehat untuk makanan. Buah-buahan dan makanan kaya serat harus dimakan lebih banyak.

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi tidak akan merasa kehilangan rasa kehidupannya, Hanya kebiasaan makan yang beralih dari yang tidak sehat ke alternatif yang lebih sehat.

Tidak hanya diet yang dapat mengelola kolesterol tinggi, Ini mungkin bekerja untuk sebagian besar orang tetapi tidak disarankan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro