Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teh Mengandung Flavonoid Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Flavonoid merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan di dalam sayur, buah, dan paling tinggi kandungannya ada di teh.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 April 2022  |  10:45 WIB
Teh hijau dan lemon
Teh hijau dan lemon

Bisnis.com, JAKARTA -  Data Kementerian Kesehatan melalui Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 41% masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol, dan gorengan lebih dari satu kali dalam sehari.

Jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol serta memicu penyakit hipertensi, jantung dan pembuluh darah.

Oleh karena itu, penting untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat terutama di bulan Ramadhan ketika pola makan berubah daripada biasanya. 

dr. Vito Damay, SpJP(K), mengungkapkan bahwa bulan puasa menjadi momen untuk membangun kebiasaan diri menjalankan pola hidup yang sehat.

Apalagi terkait kebiasaan makan yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kolesterol, terutama di bulan puasa dimana banyak makanan mengandung kolesterol tinggi.

“Generasi muda pun memiliki risiko kolesterol tinggi yang bisa berdampak pada penyakit jantung dan pembuluh darah termasuk kolesterol. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam memilih makanan, minuman, dan menjalani pola hidup sehat, seperti makan sayur dan buah serta minum teh asli yang mengandung flavonoid.”  ujarnya dikutip dari keterangan tertulis.

Flavonoid merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan di dalam sayur, buah, dan paling tinggi kandungannya ada di teh.

dr. Dede Kusmana, Sp.JP (K), yang juga merupakan guru besar Ilmu Kardiologi Universitas Indonesia mengatakan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi flavonoid alami yang terdapat di dalam teh dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

"Proses penyajiannya pun harus dilakukan dengan tepat, yaitu rutin minum teh yang mengandung flavonoid sebanyak 600cc per hari tanpa gula atau sama dengan tiga cangkir teh sehari untuk membantu menurunkan kolesterol.” paparnya.

Ari Astuti, Head of Foods & Beverages PT Unilever Indonesia, Tbk. mengungkapkan ketika dikonsumsi secara rutin, kandungan flavonoid alami di dalam teh SariWangi bisa membantu jaga kadar kolesterol yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya seperti hipertensi dan jantung.” 

Untuk mengedukasi masyarakat secara lebih luas, SariWangi bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk meluncurkan program Heart at Home. Rangkaian program bersama YJI bertujuan untuk menjaga kadar kolesterol dengan gaya hidup yang baik, salah satunya dengan minum teh. Selain itu, SariWangi juga berkolaborasi dengan Alodokter dalam penyebaran edukasi tentang kebaikan senyawa flavonoid dalam kandungan SariWangi 100% Teh Asli yang dapat membantu jaga kadar kolesterol. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman kolesterol teh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top