Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Jenis Vitamin Terbaik untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Berikut 5 jenis vitamin penting untuk kesehatan Anda, seperti yang dilansir dari Eat This pada Minggu (24/4/2022).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 24 April 2022  |  15:16 WIB
Ilustrasi vitamin dan suplemen yang bisa dikonsumsi masyarakat - Freepik
Ilustrasi vitamin dan suplemen yang bisa dikonsumsi masyarakat - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin memainkan peran penting untuk kesehatan tubuh. Manusia membutuhkan vitamin untuk memecah makronutrien, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin juga berperan membantu fungsi tubuh.

“Orang mungkin mengonsumsi suplemen jika tahu mereka kehilangan kelompok makanan tertentu. Orang lain mungkin mengonsumsi suplemen untuk manfaat antioksidan atau karena tahu mereka tidak mengonsumsi buah dan sayuran. Beberapa orang mungkin benar-benar kekurangan,” kata Kate Patton dikutip dari Eat This,24/4/2022). 

Namun, adanya ratusan jenis vitamin dan suplemen yang tersedia di pasaran, membuat bingung untuk memutuskan yang harus dikonsumsi.

Berikut 5 jenis vitamin penting untuk kesehatan Anda, seperti yang dilansir dari Eat This pada Minggu (24/4/2022). Namun, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai apapun.

5 Jenis Vitamin Terbaik untuk Dikonsumsi Setiap Hari

1. Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutrisi penting. “Vitamin C membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan radikal bebas,” jelas Patton.

Vitamin Ci juga digunakan untuk membantu membuat kolagen dalam tubuh Anda. Jika Anda mencoba untuk memaksimalkan penyerapan zat besi Anda, memiliki lebih banyak vitamin C bermanfaat. 

2. Zinc

Zinc penting untuk kesehatan kekebalan tubuh dan penyembuhan luka. Peran zinc dalam penyembuhan luka adalah multifaktorial, dan diperlukan untuk sintesis kolagen dan protein, proliferasi sel, dan fungsi kekebalan. Semuanya penting untuk regenerasi dan perbaikan jaringan. 

"Zinc diperlukan untuk produksi antibodi dan fungsi limfosit yang tepat dan memainkan peran kunci dalam beberapa langkah proses pembekuan darah. Zinc merangsang aktivitas lebih dari 100 enzim dan, dalam fase proliferasi dan remodeling penyembuhan luka, diperlukan untuk mencapai stabilitas membran dan pematangan kolagen,” kata Jennifer Sallit. 

3. Vitamin B12

Vitamin B12 biasanya ditemukan dalam produk hewani, seperti susu, daging, dan ikan. Untuk vegetarian dan vegan - Anda mungkin lebih berisiko memiliki terlalu sedikit B12 dalam makanan Anda.

“Makanan yang diperkaya bisa menjadi sumber yang baik. Pastikan untuk menghindari makanan manis," kata ahli diet Mira llic. 

4. Vitamin Prenatal

Jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil, vitamin prenatal adalah pilihan yang tepat dan penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda.

“Semua nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi wanita hamil akan diberikan kepada bayinya terlebih dahulu,” jelas spesialis farmasi klinis Morgan King.

Pasalnya, Bayi membutuhkan nutrisi itu untuk tumbuh. Ketika seorang Ob/Gyn melihat kencan kehamilan, mereka biasanya mulai dari periode menstruasi terakhir pasien. Itu berarti ketika Anda mengetahui bahwa Anda hamil, Anda bisa berusia empat hingga enam minggu dalam waktu dekat. kehamilan Anda sudah. Perkembangan besar terjadi pada trimester pertama, 12 minggu pertama.

Sumsum tulang belakang dan otak sedang berkembang sehingga vitamin tersebut membantu dengan itu. Meskipun tentu saja yang terbaik untuk mulai meminumnya sesegera mungkin, bayi sedang berkembang dan tumbuh selama kehamilan.

5. Zat Besi

Suplemen zat besi sangat penting untuk non-pemakan daging dan mereka yang rentan terhadap anemia.

“Bagi siapa saja yang vegetarian atau vegan, mereka berisiko mengalami kekurangan zat besi,” kata Patton.

Meskipun ada banyak sumber zat besi nabati, Anda tidak menyerapnya juga. Jumlah serat dalam pola makan vegetarian atau vegan dapat memblokir zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c vitamin tips sehat Vitamin B ZINC
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top