Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

Kebiasaan Berolahraga "Tidak Sehat" Ini Bikin Umur Pendek Lho

Intan Riskina Ichsan
Senin, 9 Mei 2022 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kemungkinan ada banyak kebiasaan yang Anda masukkan ke dalam rutinitas Anda dengan tujuan meningkatkan umur panjang Anda. Tetapi ada kebiasaan olahraga yang tidak sehat yang harus Anda hindari untuk meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama.

Menurut StudyFinds, sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa berolahraga terlalu banyak setiap hari tidak akan secara alami meningkatkan umur panjang, ini justru dapat mempersingkat hidup Anda.

Sangat penting untuk menilai kembali dan mempelajari apa yang Anda lakukan. Semuanya dimulai dengan beberapa hal sederhana: makan makanan yang tinggi protein tanpa lemak, sayuran, dan buah, latihan kekuatan, meminimalkan stres sehari-hari, mendapatkan cardio Anda.

Di bawah ini adalah tiga kebiasaan olahraga tidak sehat yang cukup umum dilansir dari Eat This Not That, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda melakukannya.

1. Mengabaikan pelatihan kardio Zona 2

Meskipun latihan kekuatan dan melakukan kardio gaya HIIT sangat bagus untuk membangun otot dan membakar lemak, banyak penggemar kebugaran membuat kesalahan dengan mengabaikan latihan kardio, terutama latihan Zona 2.

Dengan berlatih di Zona 2, Anda dapat membangun basis aerobik, meningkatkan fungsi mitokondria dan detak jantung istirahat, dan juga menurunkan tekanan darah Anda.

Tambahkan beberapa kardio kondisi mapan ke rotasi mingguan Anda segera, khususnya pelatihan Zona 2. Anda dapat dengan mudah melakukan rutinitas. Cukup mulai dengan dua sesi kardio selama 30 hingga 45 menit.

2. Melewatkan hari pemulihan

Jika Anda merasa seolah-olah Anda tidak membuat kemajuan apa pun akhir-akhir ini dengan latihan Anda, mungkin alasannya adalah Anda meningkatkan intensitas dan/atau volume terlalu banyak dan kurang pulih.

Anda harus menjadwalkan keseimbangan. Yang benar-benar perlu Anda lakukan adalah secara bertahap meningkatkan intensitas dan volume Anda, dan rencanakan satu atau dua hari di mana Anda hanya fokus pada peregangan/mobilitas atau sesi yang lebih ringan untuk memberikan tubuh Anda istirahat.

3. Melakukan pekerjaan ketahanan yang berlebihan

Kebiasaan buruk berikutnya yang harus diatasi untungnya tidak berlaku untuk banyak orang, tetapi tetap menjadi salah satu yang perlu dipatahkan secepatnya. Mirip dengan melakukan latihan kekuatan yang berlebihan, melakukannya dengan terlalu banyak kardio dapat membawa lebih banyak kerusakan daripada kebaikan untuk jantung Anda.

Jika Anda melakukan beberapa jam cardio setiap hari, dapat menyebabkan fibrilasi atrium dan masalah lain dengan jantung Anda..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro